Sulselbar

600 Jiwa Ditiga Dusun Terisolasi

DIPINDAHKAN -- Longsor yang terjadi di Desa Leppangeng, Kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Sidrap dipindahkan, Sabtu (15/6).

SIDRAP, BKM — Sampah sisa longsor Desa Leppangeng, Kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Sidrap mulai dipindah, Sabtu (15/6). Personil TNI-Polri bersama Pemkab Sidrap dan masyarakat berbaur membuka kembali akses jalan desa yang tertimbun longsor sepanjang 300 meter.

Pembukaan jalur menuju Dusun Pasangridi, Galung dan Tosemang itu menggunakan alat berat excavator untuk menyingkirkan lumpur setebal 30 cm hingga 80 cm.
Di lokasi terlihat anggota Polsek Pitu Riase dan Sabhara Polres Sidrap bersama TNI dari Kodim 1420 Sidrap berupaya membuka jalur yang mengisolir tiga dusun di wilayah itu.
Kapolres Sidrap, AKBP Budi Wahyono menyebutkan, bahwa pengerjaan pembukaan akses jalur menuju ke tiga dusun itu masih terus dilakukan.
“Anggota kami masih disana untuk bersama-sama masyarakat membuka kembali jalur yang tertimbun longsor dari tanah liat,” katanya.
Dansatgas Siaga Bencana Sidrap, Letkol Inf J.P Situmorang. Ia mengaku, sudah menerjungkan sejumlah personil lokasi longsor.
“Jalan desa itu kini mulai pulih yang sebelumnya tidak bisa dilalui oleh pengendara roda dua sehingga perekonomian disana sempat lumpuh,” jelasnya.
Kepala BPBD Sidrap, Siara Barang menyebutkan bahwa pengerjaan di lokasi longsor itu sudah sekitar 200 meter.
“Jadi masih ada sekitar 100 meter yang belum dikerjakan. Pengerjaan tersebut akan di lanjutkan besok,” singkatnya.
Sebelumnya, longsor susulan terjadi pada Kamis malam, 13 Juni, dan hingga saat ini sebagian besar lumpur yang menutupi jalan desa itu sudah dibersihkan.
Dilokasi, tebing setinggi 30 meter lebih yang longsor itu mengakibatkan tiga dusun terisolir yakni Pasangridi, Tosemang, dan Galung dengan jumlah sekitar 600 jiwa dari 217 Kepala Keluarga (KK).
Kades Leppangeng, Alisa mengatakan, kini pihaknya berkordinasi dengan pemerintah daerah dan mengupayakan untuk membersihkan lumpur dari jalan desa itu. (ady/C)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top