Headline

KASN: Jangan Asal Mencopot


PENCOPOTAN Luthfi Natsir selaku Inspektur Inspektorat Sulsel mendapat perhatian Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). I Made Swandy dari KASN, mengatakan pencopotan yang dilakukan oleh gubernur NA harus melalui pemeriksaan Baperjakat (Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan) dengan membuat Berita Acara Pemeriksaan (BAP).
“Kalau ada kejadian begitu, apalagi kesalahannya berat, maka dilakukanlah berita acara pemeriksaan dulu. Ada Inspektorat, BKD, ada sekda membuat BAP. Hasil dari BAP itu dibuatkan hasil pelaporan pemeriksaan. Nah, dari sana bisa ketahuan, merujuk PP 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri, kesalahannya apakah masuk berat, sedang atau ringan,” jelas I Made, kemarin.
Atas dasar PP 53 itu lanjut I Made, seorang pimpinan sebagai pembina kepegawaian menjatuhkan sanksi sesuai rekomendasi yang dikeluarkan oleh BAP itu. ”Begitu prosedurnya,” ujarnya.
Terhadap langkah yang diambil NA pada dua kepala OPD yang dinonjobkan, menurut I Made, hal tersebut haruslah sesuai dengan prosedur. Tidak asal mencopot.
“Mungkin prosedurnya saja yang perlu dilengkapi. Bisa saja itu bermuara pada pemberhentian kalau memang kesalahannya berat sekali, tapi dibuktikan dengan BAP itu,” ujarnya. (rhm/rus)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top