PESANTREN AN-NUR TOMPOBULU
Metro

Kalau Lebaran Naikkan Harga Hingga Dua Kali Lipat

SEMANGAT--Andi Zainal Nur tetap semangat menjalankan usahanya yakni rental mobil.

USAHA transportasi bisa meraup keuntungan berlipat saat ada perayaan hari besar keagamaan seperti Idul Fitri. Meskipun sudah ada jasa trasportasi dalam jaringan atau lebih dikenal dengan nama transportasi online, tapi tidak mempengaruhi kelangsungan usaha tersebut.

Laporan: NUGROHO

Kebutuhan masyarakat akan transportasi untuk keluarga seperti tak pernah habis. Hingga dulu, merental mobil pun kerap menjadi solusi untuk membawa keluarga ke kampung halaman lebih nyaman.
Bahkan setelah Idul Fitri usai, para perental mobil pun masih mendapat untung berlipat. Bermunculannya transportasi online di berbagai kota seperti Makassar, tidak menjadikan peminat masyarakat untuk merental mobil berkurang.
Andi Zainal Nur, pemilik usaha rental “Dzakwan Rental Oto” misalnya, keuntungan tersebut ia dapatkan lebih pada saat Idul Fitri dan setelah Idul Fitri usai.
Kebutuhan masyarakat akan mobil rental tiap tahunnya ada guna menjadi alat transportasi untuk mudik merayakan hari raya di kampung. Bahkan beberapa orang merental mobil hingga tiga hari lamanya sampaiarus balik tiba.
“Iya seperti tahun-tahun sebelumnya, keuntungan meningkat, sampai sekarang (kemarin). Memang kalau hari raya begini harganya dinaikkan. Satu mobil itu kita rentalkan Rp700 ribu perhari. Yang biasanya sekitar Rp300 ribu perharinya,” kata pemilik rental mobil di Jalan Tidung 5 STP1 No.53 ini.
Hadirnya transportasi online seperti Grab maupun Gocar dikatakan Zainal tidak mempengaruhi peminat mobil rental. Baginya, transportasi online dan mobil rental peruntukkannya memang berbeda. Olehnya, hingga saat ini ia pun tak khawatir akan persaingan tersebut.
Dijelaskan Zainal, para penikmat mobil rental biasanya membutuhkan transportasi yang kontinyu. Artinya tidak hanya satu tempat tujuan saja yang akan dikunjungi saat ia merental mobil. Namun biasanya untuk jalan-jalan ke berbagai tempat maupun ke lokasi yang jauh.
“Kalau Grab atau Gocar itu kayak taksi, dia dibutuhkan sama orang yang mau ke satu tempat tujuan saja. Kalau yang rental mobil biasanya mau jalan-jalan, lebih dari satu tujuan yang disinggahi atau ke luar daerah,” tambah Zainal.
Olehnya, kebutuhan akan mobil rental maupun transportasi online ini dikatakan Zainal adalah sektor yang berbeda.
Ia pun kembali menjelaskan, selama ini usahanya juga tak mendapat masalah dengan hadirnya transportasi online. Penghasilanya selama ini juga tak mengalami penurunan sama sekali dibanding beberapa tahun lalu.
“Selama ini ndak berpengaruh ji pemdapatan kita dengan hadirnya Grab atau Gocar. Beda memang kita bandingkan sama taksi atau petepete, mereka punya tujuan sama, makanya taksi sama petepete sekarang semakin berkurang,” ungkapnya.(b)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top