Headline

Guru Besar Unhas dan Aslam di Lelang Jabatan


PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Sulsel kembali membuka seleksi terbuka atau lelang jabatan untuk pejabat eselon II. Rencananya, lelang tersebut akan dimulai pekan ini.
Ada dua jabatan yang dilelang. Masing-masing asisten I Bidang Pemerintahan, serta kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi. Saat ini, kedua posisi tersebut diisi oleh pelaksana tugas (plt).
Untuk asisten I, saat ini dipercayakan ke M Salim. Sementara kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi diisi oleh sekretaris instansi tersebut, Nurhaeda.
Sekretaris Provinsi Sulsel Abdul Hayat Gani yang ditunjuk sebagai ketua timsel lelang jabatan, membenarkan rencana tersebut. Dia pun sudah melakukan pertemuan dengan kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel pada Minggu (9/6) untuk membicarakan persiapan yang akan dilakukan.
Pihaknya pun sudah berkomunikasi dengan Kemendagri terkait proses lelang tersebut. “Besok pagi (hari ini) keputusannya. Ada dua jabatan mau kita buka (lelangnya), yakni kadis Bina Marga dan asisten I,” tambahnya.
Dia menjelaskan, tim seleksi sudah dibentuk sejak bulan Mei lalu dengan komposisi akademisi, dari LAN, serta dirinya sendiri sebagai ketua. Pihaknya berharap lelang ini bisa berjalan cepat.
“Kita percepat ini, karena kebutuhan organisasi sangat mendesak. Pansel harus bekerja ekstra untuk memastikan semua itu. Kita sudah hitung-hitungan. Tidak lama lagi yang sudah resmi dilantik, kalaupun terjadi pergeseran, ya mudah-mudahan bersamaan dengan pergeserannya,” terangnya.
Kendati dibuka seleksi guna mendapatkan pejabat definitif pada dua posisi tersebut, namun informasi yang beredar, sebenarnya Gubernur HM Nurdin Abdullah sudah menyiapkan orang kepercayaannya untuk menduduki posisi yang dilelang. Apalagi untuk posisi kadis Bina Marga dan Bina Konstruksi. NA disebutkan sudah menyiapkan figur tertentu yang mengisi posisi strategis tersebut.
Sebelumnya, nama Guru Besar Fakultas Teknik Unhas Prof Rudy Djamaluddin menguat untuk mengisi kekosongan di posisi kadis Bina Marga dan Bina Konstruksi. Nurdin Abdullah bahkan telah meminta izin ke rektor Unhas beberapa bulan lalu, untuk menempatkan akademisi ini di jajaran pimpinan OPD. Sementara untuk posisi asisten I, nama mantan Bupati Pinrang Andi Aslam Patonangi menguat.
Melalui surat tim panitia seleksi yang diketuai Sekretaris Provinsi Sulsel Abdul Hayat Gani bernomor 004/PANSEL-JPT PRATAMA/VI/SULSEL 2019, pendaftaran peserta seleksi dibuka 10-24 Juni. Selanjutnya akan dilakukan seleksi administrasi, assessment dan wawancara.
“Iya sudah dibuka mulai hari ini untuk jabatan asisten I dan kepala Dinas Bina Marga,” kata Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah di kantor gubernur, Senin (10/6).
Pengamat pemerintahan dari Unismuh Andi Luhur Priyanto, mengatakan tujuan lelang jabatan sebenarnya untuk membuat rekrutmen JPT lebih terbuka dan kompetitif. Arahnya, supaya terjadi meritokrasi.
”Artinya, ia bukan sekadar prosedur yang melegitimasi proses rekruitmen yang berbasis spoil-system atau berdasarkan like and dislike pimpinan. Apalagi kalau menggunakan ukuran yang terkait jasa politik elektoral,” tandas Andi Luhur. (rhm/rus)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top