PESANTREN AN-NUR TOMPOBULU
Headline

Delapan Kabupaten Status Waspada Hujan Lebat

MAKASSAR, BKM — Dalam sepekan ke depan, masyarakat yang bermukim di wilayah timur dan utara Makassar diminta untuk mewaspadai terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, menyebutkan ada delapan kabupaten berstatus waspada hujan lebat.
”Daerah di wilayah timur itu adalah Sinjai, Watampone, Sidrap, Soppeng, Bulukumba. Sedangkan wilayah Sulsel bagian utara, yakni Malili, Belopa dan Palopo, dengan kategori hujan sedang,” ungkap Nur Asia Utami, prakirawan BMKG wilayah IV Makassar, Senin (10/6).
Selain itu, yang juga harus diwaspadai adalah tinggi gelombang air laut, khususnya untuk seluruh wilayah Sulsel. Sebab ketinggiannya mencapai 1,5 sampai 2,5 meter.
”Untuk wilayah Watampone, Sinjai, Bulukumba, Sengkang, dan Sidrap, saat ini dalam puncak musim hujan. Jadi wilayah timur memiliki pola musim hujan yang berbeda dengan Makassar bagian barat,” jelas Asia Utami.
Diakuinya, bulan Mei dan Juni merupakan puncak musim penghujan di wilayah timur. Ditandai dengan berlangsungnya hujan dua hari lalu di hampir seluruh wilayah Sulsel.
”Itu disebabkan karena ada pembentukan awan besar di wilayah Sulsel bagian timur. Juga banyak mendapatkan massa udara.
Karena anginnya dari timur, itu juga mengakibatkan awannya membesar dan masuk ke wilayah barat,” jelasnya. (mat/rus)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top