Headline

Pelantikan Kedua Kalinya 193 Pejabat Pemprov


MAKASSAR, BKM — Hari ini, Senin (20/5), Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah direncanakan melantik 193 pejabat eselon III dan IV lingkup pemprov. Jika jadi direalisasikan, maka pelantikan itu merupakan yang kedua kalinya dialami ratusan pejabat tersebut, setelah sebelumnya dilantik Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman April lalu.
Pelantikan ulang tersebut dilakukan karena pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menilai pejabat yang dilantik berdasarkan SK yang ditandatangani wakil gubernur tidak sah.
Seperti diketahui, pelantikan yang dilakukan tersebut berdasarkan dua SK. Ada yang ditandatangani Gubernur HM Nurdin Abdullah dan Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman. Pelantikan akhirnya dianulir dan dievaluasi kembali berdasarkan analisis jabatan.
Rekomendasi pelantikan ulang dari pusat sudah dikantongi gubernur. Berdasarkan pernyataan gubernur akhir pekan lalu, pejabat yang masuk dalam gerbong mutasi tersebut akan dilantik kembali hari ini, Senin (20/5).
“Kita maunya lebih cepat dilantik lebih baik. Pokoknya selesai ini barang. Kita akan luruskan semua. Semua yang dianggap kurang kita lengkapi. Kita sempurnakan, terus kita lantik cepat. Kalau bisa hari Senin (hari ini),” ungkap Nurdin.
Dijelaskan Nurdin Abdullah, KASN dan Kemendagri melakukan evaluasi karena dinilai ada yang bertentangan dengan aturan terkait pelantikan tersebut.
“Kan kita minta evaluasi. Iya, artinya diluruskan semua yang bertentangan dengan aturan,” ungkap mantan bupati Bantaeng 2008-2018 itu.
Diharapkan pascapelantikan yang dilakukan gubernur nanti, tidak ada lagi kegaduhan maupun pro kontra yang terjadi. Apalagi, setelah pelantikan yang dilakukan wagub sebelumnya, banyak pejabat eselon III dan IV yang dilantik menjadi bingung dengan status jabatannya. Ada yang kembali ke posisi semula, namun ada juga yang enggan.
Jika Nurdin jadi melakukan pelantikan hari ini, tidak menutup kemungkinan pejabat pengganti Iqbal Suhaeb yang saat ini sebagai penjabat wali kota Makassar juga akan dilantik.
Nurdin pun sudah menyinggung bahwa yang akan menggantikan Iqbal adalah Denny Irawan yang saat ini menduduki posisi sebagai staf ahli.
“Kalau memungkinkan kita ikutkan saja. Supaya di Balitbangda tetap ada yang fokus. Iqbal kan tidak bisa, karena dia harus sepenuhnya di Pemkot Makassar,” kata Nurdin.
Untuk memastikan apakah pelantikan jadi dilakukan hari ini, BKM mencari tahu agenda gubernur melalui Kepala Bagian Protokol Amson Padolo.
Hingga kemarin sore, belum ada jadwal pelantikan dalam agenda yang masuk ke protokol. Amson menjelaskan, Gubernur Nurdin Abdullah baru akan berada di Makassar sekitar pulul 10.45 Wita, hari ini. Itupun kalau pesawatnya tidak delay.
Setibanya di Makassar, satu agenda sudah menunggu. Gubernur direncanakan bertemu dengan delegasi dari Jepang di rumah jabatan sekitar pukul 13.30 Wita.
“Jadi sampai sekarang (kemarin sore) belum ada masuk jadwal pelantikan. Tidak tahumi kalau Pak Gubernur tiba-tiba mengagendakan,” ungkap Amson. (rhm/rus)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top