Sulselbar

BKP-Dinkes Temukan Ikan Berformalin


PANTAU -- Tim Badan Ketahanan Pangan bersama Dinas Kesehatan saat melakukan pemantauan di Pasar Mattirowalie di Kecamatan Barru, Selasa (14/5)

BARRU, BKM — Badan Ketahanan Pangan (BKP) dan Dinas Kesehatan menemukan ikan cakalang kering berformalin sedangkan bawang merah asal Enrekang dinilai mengandung pestisida.
Kedua jenis temuan diketahui usai dilakukan pemeriksaan sampel di Pasar Mangkoso Kecamatan Soppeng Riaja. Tak hanya ikan dan bawang, tim BKP juga menemukan sayur kacang panjang di Pasar Takkalasi yang mengandung pestisida.
Pengawasan ke sejumlah pasar di wilayah Kabupaten Barru sudah memasuki hari keempat hingga Selasa (14/5). Seperti saat Tim Ketahanan Pangan bersama Dinas Kesehatan kembali melakukan pemantauan di pasar sentral Mattirowalie.
Beberapa sampel bahan makanan, kue, ikan, sayur hingga ayam potong dibawa ke ruangan Kepala Pasar, untuk dilakukan uji sampel. Hanya saja pengecekan sampel Selas siang belum diketahui karena Tim masih melakukan pemeriksaan.
Kabid Keanekaragaman Tanaman Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Barru, Akhmad Yani di Pasar Mattirowalie membenarkan pihaknya menemukan beberapa bahan jualan diberbagai pasar yang sudah dipantau, ditemukan mengandung formalin dan pestisida.
“Tim masih sebatas memberikan peringatan kepada pedagang yang ditemukan menjual dan barang jualannya mengandung formalin dan pestisida. Kita tidak melakukan penyitaan barang, tetapi baru sebatas pengambilan sampel saja, ” ujar Akhmad Yani.
Akhmad menjelaskan jika pemantauan yang dilakukan Tim nya masih bersifat pembinaan. Meski begitu semua sampel kita uji. Seperti ikan basah, ikan kering, kue, sayuran, daging impor, udang dan beberapa bahan lainnya. (udi/C)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top