PESANTREN AN-NUR TOMPOBULU
Sulselbar

Pasca Banjir, Warga Diserang Bakteri

ENREKANG, BKM — Pascabanjir bandang yang melanda Kota Enrekang pekan lalu, satu orang warga terpaksa dilarikan ke RS setempat karena positif terserang penyakit Leptospirosis.

Penyakit ini yang disebabkan oleh bakteri leptospira interrogans yang disebarkan melalui urine atau darah hewan yang terinfeksi bakteri.
Menanggapi hal tersebut, legislator PKS Enrekang, Baktiar Siampak mendesak Dinas Kesehatan Enrekang agar penyakit yang membahayakan tersebut tidak menular kepada warga lain.
“Penyakit ini membahayakan karena menular. Pemkab segera melakukan pengecekan pascabanjir terhadap para korban,”ujar Baktiar di Gedung DPRD Enrekang, Senin (13/5).
Terpisah, Kepala Pukesmas Enrekang Kota, dr Sry mengaku sebelum ada warga yang terserang penyakit tersebut, pihaknya terlebih dahulu telah melakukan pencegahan melalui PHBS (Prilaku Hidup Sehat) kepada masyarakat.
Masyarakat dihimbau menjaga prilaku hidup sehat mulai dari bersihnya, lingkunganya dan makananya serta sistim daya tubuhnya untuk mencegah penyakit itu,”Pasienya sudah ditangani tim medis,”katanya.
Menurutnya, leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira interrogans yang disebarkan melalui urine atau darah hewan yang terinfeksi bakteri ini. Beberapa jenis hewan yang dapat menjadi pembawa leptospirosis adalah anjing, tikus dan kelompok hewan ternak seperti sapi.
“Penyebab penyakit leptospirosis bukan penyakit baru tapi penyakit dari hewan,”jelas dr Sry.
Gejala yang muncul pada leptospirosis bisa menyerupai gejala flu, seperti sakit kepala, demam dan nyeri otot. Gejala lain juga bisa berupa hilang nafsu makan, mual-muntah. (her/C)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top