Headline

Ajarkan Cucu untuk Ikut Menahan


IST SAHUR BERSAMA-Kadis Sosial Sulsel Ilham A Gazaling bersama istri, anak, menantu serta cucu sahur bersama.

WAKTU menunjukkan pukul 03.00 Wita, Senin (13/5). Pada sebuah rumah di Jalan Monginsidi Baru. Penghuninya sudah tampak mulai sibuk.

Pemilik rumah adalah Ilham A Gazaling. Saat ini menjabat kepala Dinas Sosial Provinsi Sulsel.
Di dalam rumah sudah ada tiga anak kecil, yang merupakan cucu pejabat yang akrab disapa Andi Ille itu. ”Kebetulan mereka lagi nginap di sini,” ujarnya.
Di dapur, asisten rumah tangga Andi Ille sibuk mempersiapkan menu sahur. Sambil menunggu siapnya menu-menu nan menggugah selera, Andi Ille bermain-main dengan sang cucu.
Kepada tiga cucunya yang masih kecil itu, mantan Penjabat Bupati Luwu Utara ini berusaha membiasakan mereka untuk berpuasa. “Jadi mereka bangun sahur, puasa setengah hari. Pukul 12 siang mereka berbuka. Kemudian lanjut lagi sampai buka puasa. Saya memang sudah berusaha untuk mengajarkan mereka berpuasa menahan,” ungkapnya.
Sekitar pukul 03.30 Wita, menu sahur sudah siap. Seluruh anggota keluarga pun berkumpul di meja makan.
Kali ini, menu yang disajikan sungguh menggoda selera dan menjadi manakan favorit Andi Ille. Ada ikan kering goreng, sayur bening, pallumara dan racca mangga.
Sambil berbincang santai, mereka menikmati menu sahur yang ada. Begitu pula dengan cucu-cucunya. Dengan semangat menikmati apa yang disajikan di piring masing-masing.
Topik pembicaraan di meja makan seputar aktifitas sang cucu. Sesekali Andi Ille menggoda mereka. Sekaligus menyemangati untuk menghabiskan makanan di piringnya. Santap sahur kemudian ditutup dengan makan buah yang menjadi asupan vitamin untuk menambah vitalitas selama berpuasa.
Usai sahur bersama, aktifitas pun berpindah ke ruang tengah. Mereka bercengkerama. Sambil menunggu waktu imsak, Andi Ille menikmati segelas kopi hitam ditambah camilan.
Kepada BKM, dia menuturkan, momen makan sahur menjadi rutinitas bulan ramadan yang sangat berkesan.
“Itu jadi momen untuk saling berbincang. Rasa kekeluargaan jadi terasa lebih erat. Apalagi kalau anak, menantu, dan cucu nginap di sini. Bahagia sekali rasanya,” kata Andi Ille.
Jelang imsak, seluruh aktifitas makan dihentikan. Andi Ille kemudian bergegas ke kamar mandi untuk sikat gigi dan berwudhu.
Usai azan berkumandang, dia pun menunaikan salat subuh bersama keluarga.
Selepas itu, Andi Ille pamit untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan aktifitasnya yang selalu padat. (rhm/rus)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top