PESANTREN AN-NUR TOMPOBULU
Headline

10 SMPN Baru Mulai Terima Siswa Tahun Ini

MAKASSAR, BKM — Sebanyak 10 Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri yang baru beroperasi di Makassar mulai menerima siswa tahun ini. Dengan beroperasinya SMPN tersebut, daya tampung tamatan Sekolah Dasar (SD) di SMP negeri akan bertambah.
Setiap SMPN baru tersebut akan membuka tiga hingga lima kelas. Masing-masing kelas memiliki daya tampung 36 orang. Jika diakumulasikan, satu sekolah bisa menampung 150-an orang.
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Makassar Abd Rahman Bando menjelaskan hal itu ketika dikonfirmasi, Senin (13/5). Ia juga menerangkan tentang kuota penerimaan siswa baru tahun ini.
”Ada tiga jalur yang ditetapkan dalam penerimaan siswa baru tahun ini. Masing-masing jalur zonasi domisili, prestasi non akademik, dan jalur pindah tugas orang tua. Zonasi domisili kuotanya 90 persen, prestasi non akademik 5 persen, dan jalur pindah tugas orang tua 5 persen,” jelas Rahman Bando.
Rencananya, penerimaan siswa baru tingkat SMP akan dilaksanakan pada minggu keempat bulan Mei hingga minggu pertama Juni. Namun, tetap ditargetkan semua prosesnya bisa rampung bulan ini.
Rahman Bando menyebut, tahun ini tercatat ada 25.470 tamatan Sekolah Dasar (SD) di Makassar. Jumlah tersebut diperkirakan tidak akan tertampung seluruhnya pada SMP negeri, walau sudah ada tambahan 10 SMPN baru.
”Daya tampung SMP negeri di Makassar saat ini 12 ribu lebih. Dengan melihat tamatan SD, separuhnya kemungkinan ditampung di sekolah swasta,” terang Rahman Bando lagi.
Rahman mengakui, proses penerimaan siswa baru tahun ini sedikit terkendala dengan SK kepala sekolah. Sebab mereka yang baru dilantik oleh Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto di akhir masa jabatannya, belum mengantongi SK.
”Untuk sementara kepsek tetap menjalankan tugasnya di sekolahnya yang lama, hingga adanya serah terima jabatan. Sebab hingga saat ini masih ada yang belum terposisikan dengan jelas. Masih menunggu proses dan BKD,” tandasnya. (*/rus)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top