Headline

Ini 15 Caleg Berpeluang Lolos dari Dapil Sulsel 5


MAKASSAR, BKM — Pemilu legislatif (pileg) tinggal menghitung hari. Sisa sepekan pesta demokrasi lima tahunan itu dihelat.
Para calon anggota legislatif (caleg) untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan semakin mengerucut. Nama-nama mereka yang berpeluang ke gedung wakil rakyat mulai menguat.
Koran ini melakukan simulasi caleg DPRD Sulsel, yang menempatkan 85 nama berpeluang lolos pada pileg 17 April 2019 mendatang.
Meski mereka masih saling mengejar di internal partai masing-masing, namun sudah ada gambaran jika nama tersebut memiliki peluang besar untuk duduk sebagai legislator.
Simulasi kali ini dilakukan terhadap caleg DPRD Sulsel dari daerah pemilihan (dapil) 5. Meliptui Kabupaten Bulukumba dan Sinjai.
Telah ada gambaran sejumlah nama yang memiliki elektoral personal atau tingkat keterpilihan sendiri. Sementara untuk dapil Sulsel 1, 2, 3, 4, 6, 7, 8, 9, 10, dan 11 akan dipubiklasikan pada edisi-edisi berikutnya.
Di dapil Sulsel 5, tercatat ada 85 caleg yang bertarung. Terdiri dari Partai Garuda tiga caleg. Berkarya lima caleg. PSI lima caleg.
Sementara Gerindra, PDIP, Golkar, Nasdem, PKS, Perindo, PPP, PAN, Hanura, Demokrat, dan PBB masing-masing enam caleg. PKPI tidak memiliki caleg di dapil ini.
Dari dapil ini, terdapat 20 caleg yang bersaing untuk masuk dalam enam besar caleg yang akan duduk di kursi legislatif. Mereka adalah Syahruni Haris dari Partai Gerindra. Arum Spink dari Partai Nasdem. Mantan calon Wakil Bupati Bulukumba HA Edy Manaf dari PAN.
Ada pula Irwan Kurniawan dari Partai Golkar. Andi Zulkarnain Paturuni dari Demokrat. A Syahruni Aryanti dari Partai Nasdem.
Juga ada Wakil Ketua DPRD Sulsel Yusran Sofyan yang kembali maju lewat Partai Gerindra. Muh Iqbal Arifin dari PDIP. Mulyadi Mursali dari Partai Demokrat, dan Muniati dari Partai Bulan Bintang (PBB).
Selain itu, ada nama Andi Muhammad Anwar Purnomo dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Mantan Wakil Bupati Sinjai H Andi Fajar Yanwar dari Partai Hanura. Achmad Bahari dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). A Muh Sabri Mustari dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Serta A Basri Pappa dari Partai Perindo.
Ketika dihubungi, politisi PAN HA Edy Manaf mengklaim bila dirinya sangat berpeluang untuk duduk di DPRD Sulsel. Hal sama disampaikan Yusran Sofyan dan Irwan Kurniawan. “Kami maju tentu punya optimisme,” ujar keduanya.
Direktur lembaga survei Duta Politika Indonesia (DPI) Dedy Alamsyah Mannaroi mengemukakan, peluang petahana masih cukup besar untuk terpilih kembali. Namun ia mengingatkan mereka untuk tidak jumawa. Sebab bisa jadi ada perubahan pilihan dari masyarakat di sisa waktu tiga hari sebelum hari H 17 April 2019 nanti.
“Saya pikir pilcaleg kali ini beda dengan sebelumnya, di mana petahana tak lagi boleh jumawa dengan statusnya. Karena semua caleg punya peluang yang sama. Hanya finansial dan status yang berbeda. Rata-rata caleg baru juga punya kekuatan politik tersendiri,” ujar Dedy Alamsyah, Selasa (9/4).
Menurutnya, pada kontestasi ini ada caleg yang juga mantan wakil bupati Jeneponto. Mantan wakil Bupati Selayar. Ada pula adik dari ketua DPD I Partai Golkar Sulsel.
“Kesemuanya bukan orang-orang baru di politik, melainkan mereka orang paham dan mawas diri di politik,” pungkasnya. (rif)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top