PESANTREN AN-NUR TOMPOBULU
Headline

Enam Komplotan Curanmor Dibekuk, Dua Ditembak

MAKASSAR,BKM– Tim Resimen Mobile (Resmob) Polda Sulsel menggiring enam orang lelaki. Mereka merupakan komplotan tindak pidana pencurian. Ada yang bertindak selaku pemetik. Ada pula penadah.
Dari keenam orang itu, dua di antaranya berbalut perban di kakinya. Dengan berjalan sambil tertatih, mereka dijebloskan ke balik jeruji besi Polsek Tamalate.
Polisi telah mengidentifikasi identitas keenamnya. Masing-masing Arif Wansyah Junaidi alias Habibi (19), M Alwi Mahmud (18), dan AP (15). Ketiganya merupakan warga Jalan Abu Nawas Dg Rani.
Dua lainnya adalah Alvidar (20) dan Andi (21), beralamat di Jalan Jalan Balang baru. Sementara Liwang Dg Tarang (45), warga Jalan Abdul Kadir 2, Kecamatan Tamalate.
Kepala Unit Resmob Polda Sulsel AKP Edy Sabhara mengemukakan, komplotan ini diamankan setelah petugas menindaklanjuti laporan polisi: STPL/896/VIII/2018/Restabes Makassar/Sek Tamalate.
Perwira tiga balok di pundaknya ini menjelaskan, saat dilakukan proses penyelidikan kasus terhadap laporan di Polsek Tamalate, diperoleh informasi bahwa salah seorang pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) tengah berada di rumahnya.
Personel resmob langsung diinstruksikan untuk segera ke lokasi melakukan penangkapan terhadap pelaku. Sebuah rumah di Jalan Abu Nawas dikepung. Di sini, Arif Wansyah Junaidi alias Habibi langsung diciduk. Selanjutnya dilakukan interogasi.
Dia mengakui perbuatannya telah melakukan pencurian. Sekaligus menyebutkan keterlibatan rekannya yang merupakan warga Jalan Anggrek.
Tim resmob lalu menggiring Arif untuk pengembangan kasus menunjukkan persembunyian rekannya. Hasilnya, Alwi dan AP berhasil diringkus. Selanjutnya, ketiga pelaku digiring ke posko resmob untuk dilakukan pemeriksaan.
Usai menginterogasi ketiganya dan mengakui aksi curatnya, polisi membawanya untuk menunjuk penadah yang berdomisili di Jalan Balang Baru, Kecamatan Tamalate. Senin dini hari (8/4), lelaki Andi berhasil diciduk.
Tak berhenti sampai di situ. Sebuah rumah di Jalan Abdul Kadir didatangi petugas. Lelaki bernama Liwang dibekuk. Ketiga penadah ini langsung digelandang ke posko resmob untuk diperiksa.
Dari hasil pemeriksaan, Arif, Alwi, dan Anang mengakui melakukan pencurian di wilayah hukum Kota Makassar. Termasuk di Tamalate, sesuai laporan korban yang ditindaklanjuti polisi.
“Ada keterlibatan rekannya yang berstatus daftar pencarian orang (DPO), saat beraksi di Jalan Abu Nawas Dg Rani, Kecamatan Tamalate pada bulan Agustus 2018 lalu. Di lokasi itu mereka masing-masing punya peranan,” terang AKP Edy Sabhara, kemarin.
Pelaku Vandi yang dalam perburuan, lanjut Edy Sabhara, tugasnya sebagai tukang gambar dan berjaga-jaga. Sementara Alwi dan Arif menjalankan tugas selaku eksekutor. Mereka masuk ke dalam rumah korban lalu menggasak beberapa barang elektronik.
Masing-masing satu unit LED merek Nagoya. Satu unit Samsung tab. Satu unit laptop merek Lenovo warna hitam. Perhiasan emas berupa gelang, cincin, kalung, dan sepasang anting.
”Satu tersangka lainnya, yakni AP tugasnya membantu mengangkut barang milik korban,” ungkap Edy menirukan pengakuan komplotan pelaku.
Edy melanjutkan, usai meminta keterangan dari ketiga tersangka curat, dua orang digiring dalam pengambangan penunjukan barang bukti lainnya, Senin dinihari (8/4). Mereka adalah Arif dan Alwi.
Hanya saja, ketika diturunkan dari mobil, keduanya langsung berontak dan lepas dari kawalan. Kesempatan itu dimanfaatkan untuk melarikan diri. Tiga kali tembakan ke udara dilepaskan. Namun tidak digubris. Untuk menghentikan langkahnya, timah panas pun menyasar kaki kedua tersangka. Selanjutnya dievakuasi ke RS Bhayangkara.
Dari penangkapan itu, tambah Edy, sejumlah barang bukti berhasil disita. Yakni satu unit LED merek Nagoya warna hitam. Satu dompet warna hitam. Satu gawai android merek Samsung warna hitam. (ish/rus)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top