PESANTREN AN-NUR TOMPOBULU
Bisnis

Busana Lontara dan Kain Sutra Jadi Primadona

MAKASSAR, BKM– Kini Usaha Kecil dan Menegah (UKM) di Kota Makassar sedang digandrungi oleh tiap lapisan. Salah satu yang cukup mendapat perhatian adalah UKM Lokal Lontara yang kini produknya sedang dipromosikan di Sulsel dan mendapatkan nilai ekonomi jual.
Menurut Owner Galeri Batik Lontara,Siska mengatakan jika saat ini penjualan hasil karya produk lontara di Makassar sedang tinggi-tingginya permintaan masyarakat. Bahkan melalui UKM Lokal Makassar tampak laris manis berjualan dengan menjajakan berbagai jenis produk.
“Hampir banya permintaan untuk busana pakaian engan aksen tulisan lontara. Permintaanya itu, bisa sampai 40 persen meningkat. Utamanya itu, busana pria maupun wanita dengan motif Huruf Lontara yang berasal dari Makassar,” ungkapanya dipenutupan acara Celebes Beauty Fasion Week (CBFW) yang bertempat di Ballroom Four Points By Sheraton, Minggu (7/4).
Sehingga tidak salah bukan hanya busana batik yang mendapat perhatian, melainkan busana lontara juga kini sedang digandurungi beberapa masyarakat. Terbukti kegiatan pameran banyak dari ukm Lokal maupun UKM diluar pulau Sulawesi seperti Kota Jakarta, Bandung, Surabaya dan yang lainnya.
“Kami menjual produk busana orang dewasa baik perempuan maupun pria, ada juga busana anak-anak dengan konsep unggulan kami motif Lontara. Di samping itu omzet penjualan kami juga alhamdulliah meningkat, di hari pertama saja kami sudah dapatkan Rp 5 juta rupiah,” bebernya.
Sementara itu, Anggota Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Sulawesi selatan, Esty K mengaku kini produk yang paling banyak diminati masyarakat Sulsel adalah pecinta sarung sutra khas pulau Sulawesi ini dan tidakketinggalan sutra lagosi ini menjadi daya jual tinggi di Sulsel, untuk dipasarkan diluar.
“Peminat kami sudah banyak, bahkan sudah ada desainer ibukota yang sudah memesan kain sutra dari anggota dekranasda sulsel. Selain kain sutra lagosi yang kami jual, ada juga Tas dan sepatu yang bahan dasarnya terbuat dari kain sutra dan itu peminatnya cukup banyak,” tuturnya. (ita)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top