PESANTREN AN-NUR TOMPOBULU
Sulselbar

Rifaskes, Ruang Memetakan Ketersediaan Faskes

MAMUJU, BKM — Cakupan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage bukan hanya berbicara tentang kepesertaan pada jaminan kesehatan. Tetapi menjamin seluruh masyarakat mempunyai akses untuk kebutuhan pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitative yang berkualitas dan efektif.
Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulbar, Ahmad Azis, di Mamuju dalam rangka pelaksanaan rapat koordinasi (Rakor) riset fasilitas kesehatan (Rifaskes) dan riset evaluatif jaminan kesehatan nasional tahun 2019, akhir pekan lalu.
Rifaskes ini sendiri, menurut Ahmad Azis, merupakan salah satu survey berkala yang diselenggarakan Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) bekerjasama Dinkes Sulbar.
Rifaskes merupakan salah satu ruang untuk memetakan masalah ketersediaan fasilitas kesehatan serta kecukupan sarana di fasilitas kesehatan di Sulbar. Terdapat tiga hal yang menjadi target cakupan kesehatan semesta. Di antaranya penyempurnaan akses terhadap pelayanan kesehatan esensial (essential health services) yang berkualitas.
Juga, melakukan pengurangan jumlah orang yang menderita kesulitan keuangan untuk kesehatan serta penyempurnaan akses terhadap obat-obatan, vaksin, diagnostik, dan alat kesehatan essensial pada pelayanan kesehatan primer (primary health care). (int)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top