Metro

Penumpang Kaget Suara Tembakan dan Bom di Bandara

MAKASSAR, BKM– Di areal Bandara Internasional Sultan Hasanuddin terdengar suara tembakan, ancaman bom serta ancaman keselamatan penerbangan, Rabu (13/3).
Bukan itu saja, sebuah pesawat Sriwijaya Air jatuh. Personel dari Pemadam Kebakaran dan mobil ambulance silih berganti memasuki area Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.
Kejadian ini merupakan simulasi Penanganan Keadaan Darurat (PKD) di Bandara Sultan Hasanuddin.
Kurang lebih 700 personel dilibatkan dalam simulasi pada pukul 15.45 wita.
Beberapa penumpang pesawat ataupun pengantar sempat kaget melihat adanya asap dan bunyi tembakan serta ledakan bom lantaran tidak mengetahui adanya simulasi.
“Iya kaget masuk diare bandara sudah padat memang lihatnya karena tumben ini masuknya beda. Terus lihat ada asap dan suara tembakan. Tadi ini baru tahu kalau itu cuman latihan saja, kirain ada apa,” ucap Rini, Salah satu penumpang Bandara yang hendak menuju Surabaya.
Menurut General Manager Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Wahyudi, bentuk penanganan yang dilakuan 700 personel ini adalah bentuk simulasi jika sewaktu-waktu ada insiden seperti itu terjadi di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Simulasi ini juga dilakukan guna memastikan kenyamanan dan keamanan penerbangan atau penumpang, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.
“Inilah bentuk pencegahan kami, jika sewaktu-waktu ada insiden seperti itu. Tapi mudah-mudahan aman-aman saja. bentuk PKD yang ke 102 ini memang rutin kita laksanakan dua kali setahun. Hal ini untuk memastikan kenyamanan penumpang tetap aman selama berada di Bandara,” ungkapnya, di area Dropzone Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Rabu (13/3).
Lanjutnya bahwa, jika ada insiden pesawat jatuh seperti yang terlihat dalam simulasi ini, maka petugas Air Traffic Control (ATC) segera menyalakan crash bell dan menginformasikan petugas watchroom dan segera mengaktifkan Emergency Operation Center (EOC). Petugas Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF) langsung menuju lokasi kecelakaan, memadamkan api, dan mengevakuasi korban.
“Kecelakaan pesawat kami simulasikan di malam hari, sebab tidak menutup kemungkinan bencana tersebut bisa terjadi kapan saja dan waktunya kami pilih di malam hari. Dimana lokasinya tersebut sangat minim pencahayaan, dan dipenuhi batu dan lumpur. Ini dengan maksud agar seluruh tindakan dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang tertuang di dalam Airport Emergency Plan (AEP),” jelasnya.
Dalam ketiga latihan tersebut, waktu respon unit ARFF tidak boleh lebih dari 3 menit, sebagaimana tercantum dalam peraturan internasional dan nasional tentang AEP. Disamping penanganan pada saat kejadian, dalam PKD ke-102 ini juga dilakukan latihan penanganan pasca kejadian meliputi penanganan terhadap keluarga korban melalui simulasi Greeters Meeters serta penanganan terhadap media melalui simulasi kegiatan Media Handling.
Sedangkan Direktur Operasi PT Angkasa Pura I (Persero), Wendo Asrul Rose menuturkan, dalam bisnis kebandarudaraan, keamanan dan keselamatan penerbangan merupakan aspek utama yang perlu mendapat perhatian ekstra. Oleh karena itu, setiap 2 tahun sekali manajemen PT Angkasa Pura I melaksanakan kegiatan simulasi PKD untuk menguji fungsi koordinasi, komunikasi, komando dan sinkronisasi atas prosedur tetap dari setiap unsur yang ada di bandara.
“Ini juga salah satu bentuk pengelola bandara tersibuk di Indonesia Timur, Angkasa Pura I selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Diharapkan melalui simulasi penanganan saat kejadian maupun pasca kejadian ini, kami selalu dalam keadaan siap, baik secara sumber daya manusia maupun fasilitas karena kejadian tersebut dapat terjadi sewaktu-waktu,” katanya.
Pada saat kegiatan berlangsung, sejumlah pengalihan jalan masuk area terminal dilakukan. (ita)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top