PESANTREN AN-NUR TOMPOBULU
Metro

Pemprov Janji Kenaikan Gaji ASN Bulan Depan

MAKASSAR, BKM–Pemerintah Provinsi Sulsel tetap menjanjikan akan mencairkan kenaikan gaji aparatur sipil negara (ASN) sebesar 5 persen pada bulan depan. Inipun jika pemerintah pusat telah memberikan petunjuk teknis pembayarannya.

Saat ini pemerintah pusat tengah menyusun Peraturan Menteri Keuangan (PMK) terkait kenaikan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN). Ini merupakan kebijakan Presiden Joko Widodo yang menaikkan gaji ASN sebesar 5 persen tahun ini.
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Sulsel, Andi Arwin Azis membenarkan, kalau hingga saat ini pihaknya masih menunggu petunjuk teknis pembayaran kenaikan gaji tersebut. Kemungkinan kenaikan gaji ini mulai dibayarkan dari bulan Januari.
“Kalau dari pusat penyampaian begitu, jadi nanti kita rapel pembayarannya. Sisa kenaikan gaji itu dari Januari-Maret nanti dibayarkan di bulan April,” kata Arwin.
Rencana kenaikan gaji ini sendiri telah disesuaikan dengan Dana Alokasi Umum (DAU). Alokasi untuk penggajian ASN di lingkup Pempeov Sulsel sendiri mengalami kenaikan. Naiknya mencapai Rp58 miliar lebih.
Data yang dihimpun alokasi anggaran gaji untuk tahun ini sebanyak Rp1,839 triliun. Naik sekitar Rp58 miliar lebih ketimbang 2018. Dimana pada tahun lalu, alokasi anggaran gaji sebanyak Rp1,781 triliun.
Arwin menjelaskan OPD pun sudah diminta menyetorkan rencana anggaran mereka saat pembahasan APBD lebih awal. Termasuk untuk perhitungan gaji 13 dan gaji 14 (THR) untuk ASN.
“Pemprov Sulsel siap menindak lanjuti apa yang jadi kebijakan pemerintah pusat,” jelasnya.
Sementara alokasi untuk THR diproyeksi akan menghabiskan anggaran sebesar Rp226 miliar untuk 24.672 pegawai negeri. Ini terbagi atas Rp113.029.868.768 miliar untuk gaji ke-13 dan Rp113.158.420.7211 untuk gaji ke-14.
Salah seorang ASN Pemprov Sulsel, Dody Sunjana mengungkapkan kesyukuran karena pemerintah semakin memperhatikan kesejahteraan mereka.
Lelaki yang bertugas sebagai Staf Humas Pemprov Sulsel itu mengatakan, kenaikan gaji sebesar lima persen itu cukup membantu untuk memenuhi biaya kebutuhan hidup yang kian hari semakin meningkat. Apalagi, berdasarkan informasi yang diperoleh, jika juknis dan juklak sudah turun, kenaikan gaji itu akan dibayarkan mulai Januari.
“Sangat bersyukur dengan adanya kebijakan ini setelah beberapa tahun ini tidak pernah ada kenaikan gaji ASN,” jelasnya.
Kebijakan itu diharapkan bisa membuat ASN semakin bergairah dalam bekerja memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat.(rhm)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top