PESANTREN AN-NUR TOMPOBULU
Headline

Nico: Tidak Mungkin Saya Tabrak Aturan

Dihubungi terpisah, Bupati Tator Nicodemus Biringkanae berdalih, setelah ditinggalkan dr Anton Rerung yang memasuki masa pensiun, jabatan kepala Dinas Kesehatan lowong. Sementara belum ada pejabat yang layak ditunjuk selaku pelaksana tugas.
”Kita masih mencermati siapa pejabat yang layak ditunjuk sebagai plt Kadis Kesehatan. Tidak mungkin saya berani tabrak aturan. Hanya saja, tidak lazim bupati merangkap jabatan dan mengangkat dirinya, hingga kemudian viral dengan berbagai,” terang Nico.
Sementara Ketua DPRD Tana Toraja Welem Sambolangi mengatakan, komisi I telah mengundang sekkab, inspektorat, dan BKPSDM untuk dimintai penjelasan terkait kisruh ini. Pertemuan dijadwalkan berlangsung, Sabtu (16/3).
”Perlu penjelasan rinci dari OPD terkait teknis terkait SK bupati yang mengangkat dirinya sebagai plt kadis Kesehatan. Sebab hal ini menjadi preseden bagi tata kelola pemerintahan,” ujar Welem, kemarin.
Dimintai komentarnya terkait kontroversi ini, Ketua Kombongan Sangtorayaan Litha Brent menegaskan, kewenangan yang diambil oleh bupati Tana Toraja dengan mengangkat dirinya sebagai plt Kadis Kesehatan merupakan tindakan yang salah. Menurutnya, bupati seharunya menunjuk bawahan, dalam hal ini ASN yang berkompeten di bidang tersebut.
“Dia ini kan seorang bupati. Kalau kewenangannya itu untuk mengangkat bawahannya menjadi plt. Mungkin juga Pak Bupati belum menemukan yang cocok untuk menduduki jabatan itu. Saya sendiri belum tahu bagaimana pasti soal kebijakannya itu,” ujar Litha Brent, Rabu (13/3).
Ditegaskan Litha, tindakan yang diambil bupati harus segera diluruskan agar tidak merusak tatanan dan budaya yang dianut oleh warga Tana Toraja.
“Sebaiknya menunjuk orang yang lebih tepat. Karena persoalannya sederhana sekali. Ini menjadi otoritasnya bupati untuk menunjuk seseorang menjadi plt. Karena tidak mungkin bupati mau evaluasi kerjanya sendiri. Itu harus dikerjakan bawahannya, dan dialah yang memantau itu,” jelasnya. (gus-ita/rus)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top