Metro

23.334 Siswa SMP Ikut UNBK

MAKASSAR, BKM–Sebanyak 23.334 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) se kota Makassar bakal mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK). UNBK dijadwalkan mulai 22 April sampai 25 April. Angka tersebut berkurang sebanyak 275 siswa dari peserta UNBK tahun 2018 lalu.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Abdul Rahman Bando mengatakan bahwa dirinya telah melakukan validasi ke Kemendikbud terkait jumlah peserta ini.
“Sdah kita validasi ulang di Kemendikbud, jumlah peserta (UNBK) tahun ini sebanyak 23.334 orang,” katanya.
Rahman mengungkapkan, pelaksanaan UNBK SMP se Kota Makassar tetap dipusatkan di daratan. Ia menyebut saraana dan prasarana seperti jaringan telekomunikasi belum sampai di kepulauan. Sehingga sebanyak empat sekolah di wilayah tersebut akan dilebur ke sekolah yanh berada di daratan.
“Karena sarana dan prasarana belum sampai di sana, kita lebur di daratan saja. Kita sementara mau bicarakan di SMP mana siswa kepulauan kita tempatkan,” ucap Rahman.
Pihak Dinas Pendidikan Kota Makassar dikatakan Rahman juga telah menyurati PLN Wilayah Sulselbar dalam untuk menjamin kelancaran pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Makassar.
Rahman menambahkan, PLN harus menjamin kelancaran aliran listrik pada saat ujian berlangsung. Karena dirinya tidak menginginkan, konsetrasi siswa terganggu saat menyelesikan materi UNBK nanti.
“Kita hanya minta 3 hari, kita surati supaya menjadi perhatian PLN yang pada saat pelaksanaannya nanti tidak terjadi hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi siswa,” kata Rahman.
Selain itu, ia juga telah membangun komunikasi dengan PT Telekomunikasi Indonesia untuk memberi jaminan jaringan internet. Menurut Rahman, jaringan internet kerap menjadi kendala utama saat pelaksaan UNBK berlangsung.
“Kita ingin kendala yang terjadi pada UNBK tahun-tahun sebelumnya tidak terjadi tahun ini,” ucap Rahman.(nug/war/c)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top