PESANTREN AN-NUR TOMPOBULU
Bisnis

Tarif Pesawat Mulai Turun Sebesar 7,6 Persen

int TURUN--Pihak Bandara Sultan Hasanuddin mengklaim tarif tiket pesawat mulai turun bulan ini sebesar Rp 7,6 persen. Saat ini pihak bandara mulai memaksimalkan pelayanan termasuk simulasi keadaan darurat. Tampak jumpa pers GM Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Wahyudi (tengah), kemarin.

MAKASSAR, BKM– Memasuki bulan ini tarif tiket pesawat, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, mengalami penurunan sebesar 7,6 persen.

Menurut General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Wahyudi, penurunan wisatawan yang masuk melalui Bandar Udara Sultan Hasanuddin tidak hanya disebabkan oleh kenaikan harga tiket pesawat melainkan disebabkan oleh banyak faktor. Namun tren yang terlihat saat ini, harga tiket pesawat terus mengalami pemulihan.
“Kalau soal itu banyak faktor Ya. Tapi kalau yang kita lihat saat ini trennya terus menurun. Dari Januari itu kenaikannya sebesar 30 persen, di bulan Februari turun sebesar 27 persen dan terakhir di bulan maret ini turunnya sebesar 7,6 persen. Saya pikir ini nanti akan pulih dengan sendirinya harga tiket pesawat,” ungkapnya di Hotel Dalton Makassar, Jalan Perintis Kemerdekaan, Selasa (12/3).
Di samping itu, kata Wahyudi, bandara juga melakukan kegiatan atau latihan PKD ke 102 ini yang akan diikuti sebanyak 700 personel yang bertujuan untuk melatih dan menguji kemampuan para personel bandara. Apabila terjadi keadaan darurat di bandara, selain itu menguji kemampuan para personel koordinasi dan komunikasi juga diuji sesuai dengan dokumen penanggulangan keadaan darurat bandar udara dokumen keamanan bandar udara dan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku.
“Kegiatan ini rutin kita lakukan setiap tahun dua kali kita lakukan dan kegiatan ini akan melibatkan banyak personel sekitar 700 an orang. Jadi benar-benar kita gelar kegiatan ini sangat ketat dan harus sesuai dengan SOP yang ada jadi akan ada pembatasan area untuk beberapa area masuk menuju Terminal bandara,” jelasnya.
Selain itu dirinya juga mengimbau, tepatnya besok (hari ini) Latihan PKD 102 ini akan dimulai yang terdiri dari tiga latihan yang mencakup Aviation Security Exercise atau latihan penanganan ancaman keamanan bandara yang berlokasi di area Dropzone bandara.
“Jadi mulainya itu pukul 3 sore kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Fire Building Exercise atau latihan penanganan kebakaran gedung yang berlokasi di Hotel Ibis bandara dan di acara Puncak jam pukul 21.00 malam akan digelar latihan Aircraft Accident Exercise atau latihan penanganan kecelakaan pesawat yang nantinya akan dilakukan di area Sisi udara Runway 21,”bebernya.
Sementara itu, Ketua Posko Angkasa Pura 1, Trubus Suharsono menambahkan, tantangan pada latihan PKD kali ini yaitu waktu pelaksanaan diambil pada malam hari dan latihan akan dimulai dengan apel pembukaan kegiatan PKD ke 102 yang akan dipimpin oleh wendo Asrul selaku direktur operasional PT Angkasa Pura 1. Terlebih lagi latihan ini melibatkan pihak personal internal maupun eksternal sebanyak 700 orang.
“Ini bukan hal yang mudah karena melibatkan banyak orang yang terdiri dari Impor Regency Commitee dan Airport Security commitee dari PT Angkasa Pura I, TNI AU Lanud Sultan Hasanuddin, Perum LPPNPI, Basarnas, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Kantor Imigrasi Makassar, Kantor Bea Cukai Makassar, maskapai yaitu Sriwijaya Air serta 16 rumah sakit yang berada di sekitar Bandara Sultan Hasanuddin,” katanya.
Dirinya juga mengaku walaupun ada kegiatan PKD, Operasional bandara akan tetap berjalan normal seperti biasa. Sebab Bandara Sultan Hasanuddin memiliki dua Runway jadi masih ada satu runway yang bisa digunakan untuk operasional penerbangan.
“Kami menghimbau kepada pengguna jasa bandara yang akan melalui Bandara Sultan Hasanuddin bahwa besok (hari ini) tanggal 13 Maret. Pada jam-jam yang telah kami sebutkan agar tidak panik dan turut mensukseskan latihan TKD ini bahwa latihan ini untuk melakukan simulasi keselamatan Bandara Sultan Hasanuddin,” tutupnya. (ita)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top