PESANTREN AN-NUR TOMPOBULU
Headline

10 Proyek Senilai Rp230 Miliar Diresmikan

BARRU, BKM — Kabupaten Barru kini berusia 59 tahun. Peringatan hari jadi dilangsungkan hari ini, Rabu (20/2). 10 proyek senilai Rp230.664.575.250 yang telah selesai dilaksanakan pada tahun 2018 menjadi kado HUT.

Di bawah kepemimpinan Bupati H Suardi Saleh, proyek yang diresmikan ini menjadi harapan, sekaligus bukti telaksananya pembangunan. Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah akan meresmikan proyek tersebut dalam sebuah seremoni terbuka, yang dipusatkan di Lapangan Sumpang Binangae, Kecamatan Barru.
Ke sepuluh proyek tersebut, yakni Menara Pemkab Barru senilai Rp 40,1 miliar. Tribun Lapangan Sumpang Binangae dengan anggaran Rp2,5 miliar. Pasar Bulo-bulo senilai Rp5,7 miliar. Gedung UPT Metrologi senilai Rp1,9 miliar.
Selain itu, ada juga proyek fasilitas kesehatan dan pendidikan. Di antaranya Puskesmas Ralla senilai Rp2,6 miliar. Gedung SDI Puccanra Rp1 miliar. Peningkatan fasilitas area wisata Celebes Canyon Rp674.800.000. Peningkatan jalan ruas Buludua-Ampiri senilai Rp14,5 miliar. Gedung Fraksi DPRD Barru Rp 5,5 miliar. Diluncurkan pula Barru Smart Information Center (BASIC) senilai Rp2,4 miliar.
“Ada beberapa prasasti dari 10 proyek itu yang akan ditandatangani oleh Pak Gubernur. Meski tidak semua proyek tersebut ditandatangani prasastinya, tetapi kita bersyukur karena Pak Gubernur akan hadir di tengah-tengah kita untuk meresmikan gedung dan sarana yang telah rampung pembangunannya,” kata Bupati Suardi Saleh di Rujab Bupati, Selasa (19/2).
Disebutkan, dari 10 proyek tersebut, hanya lima yang akan ditandatangani prasastinya secara simbolis pada HUT. Masing-masing Gedung Tower Kantor Bupati Barru, Tribun Lapangan Sumpang Binangae, Puskesmas Ralla, gedung SDI Puccanra, dan Pasar Bulo-bulo.
Dari proyek yang dibangun untuk kepentingan masyarakat Barru itu, menurut Suardi, akan segera dimanfaatkan. Seperti Menara Pemkab Barru yang memiliki delapan lantai.
Untuk lantai satu akan menjadi pusat pelayanan terpadu, seperti pelayanan kependudukan dan catatan sipil, perizinan, serta pembayaran pajak.
“Beberapa lembaga di luar Pemkab Barru akan kita koordinasikan untuk menempatkan pelayanan di mal pelayanan tersebut, seperti Bapenda Sulsel dan Satlantas Polres Barru untuk pelayanan penerbitan SIM,” terangnya.
Selain itu, pada salah satu ruangan di kantor pemkab lama juga telah disiapkan salah satu fasilitas untuk BASIC senilai Rp2,4 miliar. Kehadirannya akan menjadi pusat informasi dan pengaduan dari apa yang menjadi kebutuhan dan permasalahan warga Barru.
Hal itu sejalan dengan tema HUT Barru kali ini. Yakni; Dengan Semangat Yassiberrui, Kita Bangun Karya Melalui Pelayanan Pemerintah Berbasis Elektronik.
“Melalui information center ini, masyarakat Barru bisa menyampaikan dan mengetahui setiap permasalahan di wilayah Kabupaten Barru. Kita berharap pemerintah dapat langsung merespon laporan warga melalui OPD dan lembaga pelayanan terkait,” tambah Suardi.
Untuk itu, Suardi yang pernah lama berkiprah sebagai pejabat eselon II di Maros dan Pinrang, berharap dukungan penuh dari masyarakat Barru agar di tahun-tahun berikut di masa kepemimpinannya tetap ada pembangunan secara berkelanjutan.
“Semua sarana yang kita bangun tetap berfokus untuk kepentingan rakyat, seperti puskesmas, pasar, sekolah hingga sarana pengembangan sektor pariwisata,” terang Suardi.
Saat ini, lanjut Suardi, Pemkab Barru tengah menyiapkan lokasi pembangunan stadion Ramang dan anjungan Pantai Sumpang Binangae. Pemerintah dan masyarakat berharap kedua sarana ini segera diwujudkan untuk 2019. (udi/rus/b)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top