Headline

”Tak Ada Lagi Sekat, Mari Bangun Luwu”

BKM/IRWAN MUSA SUJUD SYUKUR-Bupati Luwu Basmin Mattayang bersama Wabup Syukur Bijak sujud syukur setibanya di ruang kerja bupati, Minggu (17/2). Sebelumnya, mereka dijemput di perbatasan Luwu-Wajo.

PASANGAN Basmin Mattayang-Syukur Bijak kini resmi menjabat sebagai bupati dan wakil bupati Luwu periode 2019-2024. Keduanya dilantik Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah di Ruang Pola Kantor Gubernur, Jumat (15/2). Basmin dan Syukur Bijak segera memulai tugasnya.

MINGGU (17/2), warga Luwu beramai-ramai menjemput pasangan bupati dan wakil bupati mereka di perbatasan Luwu-Wajo. Iring-iringan langsung menuju ruang kompleks perkantoran bupati Luwu.
Setibanya pukul 11.25 Wita, yang pertama didatangi adalah ruang kerja bupati. Di tempat ini, Basmin dan Syukur Bijak yang mengenakan seragam putih-putih langsung melepas sepatu masing-masing. Selanjutnya sujud syukur.
”Ini dulu ruang kerja saya. Belum ada yang berubah. Alhamdulillah, saya masih diberi kesempatan bekerja di ruangan ini untuk membangun Luwu yang lebih maju dan baik,” kata Basmin di hadapan para koleganya.
Sujud syukur Basmin-Syukur Bijak disaksikan Sekkab Luwu H
Syaiful Alam, serta para kepala SKPD. Hadir pula istri masing-masing, yakni Dr Hayarna Basmin dan Elnita Pakolo Bijak .
Usai sujud syukur di ruang kerjanya, Basmin bersama Syukur Bijak lalu menemui ribuan masyarakat Luwu yang telah lama menantinya di halaman belakang kantor bupati.
Kepada mereka, Basmin yang sudah pernah menjadi bupati Luwu, menyampaikan bahwa setiap masa ada orangnya, dan setiap orang ada masanya. ”Kami berdua berkomitmen untuk membangun Luwu. Sesungguhnya yang lalu itu pertandingan dan hari ini adalah ujian yang sesungguhnya. Saya tegaskan tak ada lagi sekat. Tak ada lagi pendukung nomor 1 dan 2 saat tahapan pilkada lalu. Mari bangun Luwu ini lebih maju dan beradab,” kata Basmin.
Sementara Wabup Syukur Bijak mengutip pernyataan Gubernur HM Nurdin Abdullah usai pelantikan. ”Seperti kata Pak Gubernur, kami ini orang baru dilantik tapi stok lama. Kami berdua masing-masing pernah menjabat. Kami saling melengkapi dan saya berharap segenap warga Luwu mendukung pemerintahan kami berdua,” imbuhnya.
Sebelumnya, Syukur Bijak pernah menjabat sebagai wabup Luwu di periode pertama kepemimpinan Bupati Andi Mudzakkar. Kini, ia kembali menjadi wabup berpasangan Basmin Mattayang.
”Insyaallah, di periode kedua saya ini bersama Pak Basmin, mampu melanjutkan kembali pembangunan yang sempat tertunda. Saya berharap dukungan seluruh ASN untuk mensukseskan program kami lima tahun ke depan,” ujar Syukur Bijak.
Usai meyampaikan orasi singkatnya sebagai bupati dan wabup, Basmin dan Syukur Bijak menerima ucapan selamat dari berbagai elemen masyarakat. Tak ketinggalan mereka mengajak untuk berswafoto.
Sebelumnya, pasangan dengan akronim BAIK pada pilbup serentak 2018 lalu ini dilantik oleh gubernur Sulsel. Hadir Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman, Forkopimda Provinsi Sulsel, anggota DPRD Sulsel, dan Forkopimda Luwu
Dalam sambutannya, Gubernur Nurdin Abdullah menyampaikan bahwa Basmin dan Syukur Bijak merupakan pemimpin yang sarat dengan pengalaman, serta penguasaan wilayah guna pemenuhan kebutuhan masyarakat.
“Di bawah kepemimpinan pasangan kepala daerah kita ini, saya yakin Kabupaten Luwu akan menjdi sempurna. Juga optimis dan percaya percepatan pembagunan di Luwu bisa berjalan dengan baik,” ujar Nurdin Abdullah.
Tak lupa ia menyampaikan ucapan selamat keduanya, serta para pendukung dan keluarga. “Selamat kepada Pak Bupati dan Wabup Luwu, serta seluruh pendukung dan keluarga atas amanah yang diberikan. Kami sampaikan bahwa dalam skala Pemerintah Provinsi Sulsel, saya optimis pemimpin di daerah akan bersinergi dengan Pemprov Sulsel,” ucapnya.
Di hadapan bupati dan wabup Luwu, NA juga menyampaikan bahwa Pemprov Sulsel siap menerima keluhan dari daerah selama 24 jam, serta menjalin sinergitas guna menyelesaikan masalah secara bersama-sama.
“Kami siapa menerima keluhan 24 jam dari daerah, serta bersama-sama mencari solusi. SKPD dan pimpinan OPD lingkup Pemprov siap bersinergi dengan pemerintah daerah,” tandasnya.
Usai dilantik, Basmin langsung menjadi khatib pada pelaksanaan salat Jumat di musallah Maxone Hotel dan Resto Makassar, Jumat (15/2).
Isi khutbah jumat yang disampaikannya secara umum menekankan tentang pelaksanaan salat yang harus tepat waktu.”Sebaik-baiknya amal adalah mendirikan salat tepat waktu. Khususnya salat Jumat,” kata Basmin.
Karena itu, ia mengimbau kepada seluruh jamaah Jumat, termasuk pejabat di Pemkab Luwu agar tidak sama sekali menunda pelaksanaan salat fardu.
Bukan hanya bertindak sebagai khatib dan menyampaikan khutbah Jumat. Basmin juga menjadi imam salat. (wan/rus/b)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top