PESANTREN AN-NUR TOMPOBULU
Gojentakmapan

Somba Opu Komitmen Jadi Kecamatan STBM Pertama di Gowa

GOWA, BKM — Pemerintah Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, berkomitmen menjadi kecamatan pertama yang menerapkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Kabupaten Gowa.
Komitmen ini diungkapkan Camat Somba Opu, Indra Wahyudi Yusuf, saat menggelar pertemuan penggalangan komitmen eksternal untuk meningkatkan mutu pelayanan tersebut, Selasa sore (12/2), di aula Resto Dewi Sri, Kelurahan Tamarunang, Kecamatan Somba Opu.
Menurut Indra Wahyudi, program STBM ini diharapkan menjadi kegiatan berkesinambungan dan diterapkan di lingkungan masyarakat. ”Kami punya perencanaan menjadikan kecamatan pertama yang menerapkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Di Gowa memang belum ada yang menerapkan ini. Makanya kami lakukan pertemuan seluruh stakeholder yang berada dalam wilayah kerja Puskesmas Samata untuk menyamakan persepsi dalam menyelesaikan masalah-masalah terkait STBM sehingga nantinya kami betul-betul siap dan bisa mencapai dan menjadikan Kecamatan Somba Opu sebagai kecamatan STBM pertama di Gowa,” kata Indra Wahyudi.
Untuk menuju STBM ini, kata camat, langkah pertama yang akan dilakukan adalah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. ”Makanya, kami tadi menghadirkan semua stakeholder. Termasuk para lurah, lingkungan, Babinsa, tokoh-tokoh pemuda, karang taruna dan ibu-ibu PPK. Sehingga nantinya ini bisa tersosialisasi dengan baik ke masyarakat. Karena yang hadir ini adalah orang-orang yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” kata Indra Wahyudi.
Hal yang ingin dicapai dalam STBM ini, kata Indra Wahyudi adalah keinginan untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang bersih dan sehat. Tentu ini seiring dengan harapan Gowa sebagai kabupaten sehat untuk meraih penghargaan wistara.
Di pertemuan itu juga, Kepala Puskesmas Samata, dr Arni Sultan, menjelaskan, untuk menerapkan STBM tersebut, paling tidak ada lima pilar yang harus diterapkan di Kecamatan Somba Opu. Yakni stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun diwaktu penting, pengolahan air minum dan makanan seperti direbus, pengolahan sampah rumahtangga dan memilah sampah daur ulang serta mengelola sampah yang dikumpulkan petugas kebersihan.
”Sebenarnya, lima pilar ini sudah kita laksanakan. Namun belum maksimal. Yang baru berjalan adalah kesehatan lingkungan dan pemeriksaan depot air minum layak diminum. Sedangkan lainnya belum kita lakukan seperti perbaikan drainase,” jelas Arni Sultan.
Ia pun berharap keterlibatan semua pihak, khususnya yang berada di wilayah kerja Puskesmas Samata, yaitu Kelurahan Samata, Romang Polong, Paccinongang, Tamarunang, Bontoramba, dan Kelurahan Mawang, dapat membantu menjadikan Somba Opu menjadi kecamatan STBM. (sar/mir)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top