Headline

Ada Tiga Zona, Dibangun Dermaga Perahu Pinisi

PEMERINTAH Provinsi Sulawesi Selatan berencana melakukan restorasi dan revitalisasi kawasan Benteng Somba Opu yang selama ini terlantar dan memprihatinkan kondisinya.
Untuk kepentingan itu, Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah melibatkan arsitektur andal terkenal Yosi Antar yang sukses menata puluhan kawasan desa adat di Indonesia.
Yosi diminta membuat desain menarik untuk kawasan Benteng Somba Opu sehingga menjadi salah satu ikon menarik, khususnya di bidang pariwisata.
Dia pun mempresentasekan desainnya di depan orang nomor satu Sulsel itu, Kamis (14/2) di Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel.
Yosi menjelaskan, ada dua agenda penting yang harus dilakukan di kawasan Benteng Somba Opu. Yakni restorasi dan revitalisasi.
Dia membagi Benteng Somba Opu dalam tiga zona. Ring satu merupakan zona yang tidak bisa diganggu, karena merupakan area di mana benteng tersebut berdiri.
“Zona satu ini yang akan direstorasi. Bangunan bersejarah di sana harus dikembalikan pada keadaan semula,” ungkap Yosi.
Kemudian ring dua, akan menjadi zona penyangga di mana akan ditata menjadi kawasan ruang terbuka hijau (RTH).
Sementara ring tiga, merupakan zona penunjang. Di sana akan dibangun berbagai fasilitas. Mulai ruang publik, tempat untuk kegiatan seni dan budaya, kafe, serta tempat santai. Juga akan dibuat dermaga untuk kapal atau perahu Phinisi bersandar.
Karena menurut rencana, ke depan Pemprov Sulsel akan merancang tur wisata dari Benteng Rotterdam menuju Benteng Somba Opu melalui laut menggunakan perahu Phinisi.
Di zona tiga itu, akan dibangun menara pandang, di mana orang bisa melihat Kota Makassar dan sekitarnya dalam sudut pandang 360 derajat.
Yosi mengakui kondisi Benteng Somba Opu saat ini sangat memprihatinkan.
Jika zona satu ingin direstorasi, butuh waktu yang cukup lama dan melibatkan arkeolog. Apalagi, saat ini Benteng Somba Opu belum mengantongi SK sebagai kawasan cagar budaya.
Sementara untuk revitalisasinya, tidak terlalu lama. Hanya dibutuhkan waktu 1 hingga 1,5 tahun.
Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah cukup antusias merealisasikan rencana tersebut. Dia berharap, bagaimana Benteng Somba Opu itu bisa tetap terjaga sebagai kawasan bersejarah, namun tetap bisa dinikmati sebagai kawasan pariwisata. (rhm/rus)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top