Sulselbar

PAUD Ditetapkan Jadi TK Negeri


SINJAI, BKM — Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai menaikkan status lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari status swasta menjadi negeri.
Kabid Pendidikan Non Formal dan PAUD Dinas Pendidikan Sinjai Muh Zuhri menjelaskan peralihan status berdasarkan aturan UU Sisdiknas yang mengatur PAUD program TK masuk kategori pendidikan formal sedangkan Kelompok Bermain, Penitipan Anak dan lainya kategori pendidikan non formal.
“Jadi atas dasar itulah, kita akan menaikkan status PAUD dari swasta menjadi negeri”, jelasnya, Jumat (8/2) di ruang kerjanya.
Ia mengungkapkan dari 316 PAUD di Sinjai, 114 diantaranya TK dan hanya 3 sudah lebih dulu mendapatkan status negeri.
“Tahun ini ada 40 TK di Sinjai yang memenuhi syarat, bahkan SK penegeriannya sudah diteken Bupati Sinjai sekaligus dikukuhkan menjadi status negeri”, jelas Suhri.
Dengan perubahan status tersebut, kontribusi Pemkab Sinjai untuk PAUD akan semakin besar.
Penegerian TK penting untuk menjawab tuntutan dunia pendidikan dijenjang usia dini khususnya dalam mengoptimalisasi pelayanan pendidikan satuan PAUD itu sendiri.
“Kalau statusnya sudah menjadi negeri maka segi pembiayaannya lebih mudah karena sudah bisa menggunakan dana dari APBD, sedangkan status swasta tidak bisa sehingga perkembangannya stagnan, ” kata Zuhri. (din/D)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments
To Top