PESANTREN AN-NUR TOMPOBULU
Metro

Makassar Tuan Rumah Diplomacy Festival 2019

MAKASSAR, BKM–Kota Makassar terpilih menjadi tuan rumah Diplomacy Festival 2019 Kementerian Luar Negeri RI. Rencananya, event ini akan digelar pada tanggal 22 sampai 23 Februari mendatang.
Inspektur Jenderal Kementerian Luar Negeri, Rachmat Budiman mengatakan, jika Makassar dipilih lantaran memiliki banyak pengalaman dalam hubungan luar negeri.
Konsep dari kegiatan ini disebutkan Rachmat akan mengajak partisipasi masyarakat di dalam pelaksanaan hubungan luar, diplomasi dan politik luar negeri. Terutama bagi generasi muda dan mahasiswa. Nantinya, beberapa pejabat eselon I di Lingkup Kementerian Luar Negeri akan memberikan kuliah umum di enam Perguruan Tinggi yang ada di Makassar.
Kemudian, ditutup kuliah umum oleh Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi di Universitas Hasanuddin.
“Jadi kita akan memberikan informasi terkait lingkup kerja masing-masing, misalnya saja kerjasama Asean dan Human Right serta dari diplomasi yang kita peroleh selama dalam kurun waktu empat tahun belakang ini,” kata Rachmat, saat berkunjung di Kediaman Pribadi Wali Kota Makassar Jalan Amirullah, Senin (11/2).
Selain itu, rangkaian festival ini nantinya akan memberikan pelatihan softskill mengenai diplomasi. Antara lain simulasi sidang di PBB dan mengenal hal-hal keprotokoleran dalam event diplomatik.
Para pengunjung dapat berbincang dengan para diplomat RI mengenai bagaimana kehidupan menjadi duta bangsa di negara lain.
“Kita juga akan mendisimilasikan apa sih yang akan dilakukan Indonesia selama menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB dalam menciptakan ketertiban dan keamanan dunia, seperti di kasus rohingya dan berbagai kasus-kasus lain,” kata Rachmat.
Sementara itu, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto menyambut baik kegiatan Diplomasi Festival tersebut. Apalagi saat ini Makassar juga memiliki kerjasama yang baik dengan 17 negara.
“Rupanya diliat dari situ. Makassar adalah kota yang sangat antusias dalam menjalin hubungan dengan Luar Negeri,” kata Danny Pomanto.
Sebelumnya, agenda ini dilaksanakan di Kota Yogyakarta, Bandung, Surabaya dan Padang.
“Untuk di luar Jawa adalah tuan rumah yang kedua,” kata Rachmat. (nug/war/c)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top