PESANTREN AN-NUR TOMPOBULU
Kriminal

JPU Tahan Tiga Tersangka Korupsi Ketapang Kencana

MAKASSAR, BKM — Tiga tersangka korupsi pengadaan pohon ketapang kencana kini mendekam dalam sel tahanan tipikor Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Makassar. Mereka adalah Budi Susilo (PNS Pemkot Makassar), Buyung Haris dan Abu Bakar Muhaji (pensiunan PNS).
Langkah tersebut dilakukan jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar usai menerima pelimpahan tahap dua kasus ini dari penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulsel, Senin (11/2). Mereka yang ditahan merupakan tiga orang dari empat tersangka dalam kasus ini.
Kepala Seksi Bidang Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Makassar Andi Helmi Adam, mengatakan proses tahap dua kasus tersebut telah diserahkan oleh penyidik Ditreskrimsus Polda Sulsel. “Tadi (kemarin) perkaranya telah diterima oleh jaksa penuntut dan telah diregister,” ujar Andi Helmi Adam, kemarin.
Setelah tersangka dan barang bukti diterima, kata Helmi, JPU Kejati Sulsel langsung melakukan penahanan terhadap ketiga tersangka. Dalam perkara ini, sebelumnya ketiga tersangka itu tidak pernah ditahan saat kasusnya masih ditangani oleh penyidik kepolisian.
“Untuk satu tersangka lainnya, yaitu Abd Gani Sirman hanya menjalani proses tahap dua. Sebab sebelumnya tersangka Gani Sirman telah lebih dulu menjalani penahanan atas perkara yang lain.
Tiga tersangka yang kita tahan hari ini, akan menjalani masa penahanan selama 20 hari ke depan,” jelasnya.
Dalam kasus ini, tersangka diduga telah merugikan keuangan negara sebesar Rp1 miliar. Karena dalam pengadaan pohon ketapang, diduga terjadi indikasi mark up. Dari hasil audit yang dilakukan BPKP Sulsel, ditemukan kerugian negara sebesar Rp1 miliar lebih. (mat/rus)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top