PESANTREN AN-NUR TOMPOBULU
Gojentakmapan

Januari-Februari, DBD di Gowa Capai 92 Kasus

Petugas saat memfogging salah satu kompleks perumahan di Gowa.

GOWA, BKM — Selama dua bulan berjalan di awal 2019 ini, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Gowa merebak. Hingga pertengahan Februari, Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa menangani 92 kasus (79 kasus di Januari dan 14 kasus pada Februari berjalan ini).

Jumlah kasus di awal tahun 2019 ini terbilang turun dibanding tahun 2018 lalu yang mencapai 196 kasus. Hal ini dibenarkan Kadis Kesehatan Gowa dr Hasanuddin.

Saat dikonfirmasi Beritakota Makassar, Selasa (12/2/2019) pagi, dr Hasanuddin mengatakan meski kasus DBD merebak namun semoga tidak ada KLB (kejadian luar biasa). Sejauh ini kasus DBD masih sebatas gejala. Karena itu pihaknya pun menggencarkan sosialisasi 3M ke masyarakat sekaligus melakukan penyemprotan atau fogging serta pemberian bubuk abate.

Kadis Kesehatan Gowa pun mengimbau masyarakat agar lebih meningkatkan aksi bersihnya terhadap lingkungan dan melakukan 3M (menguras, menutup, menimbun).

Alasannya, wabah DBD tidak bisa dihindari dalam musim hujan ini, sehingga masyarakatlah yang harus proaktif membersihkan lingkungannya agar populasi nyamuk aedes aegifty tidak berkembang.

Sementara itu, dari data yang kami peroleh per 12 Februari 2019 ini ada 14 pasien DBD yang saat ini dirawat di RSUD Syek Yusuf. Hal itu dibenarkan Gunawan, Kepala Seksi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular Dinkes Gowa saat dihubungi terpisah.

Dikatakan Gunawan, seluruh pasien DBD itu sebagian dirawat di rumah sakit sebagian lagi dirawat di Puskesmas di kecamatan terdampak.

“Penyuluhan-penyuluhan telah kita gencarkan sejak musim hujan mulai masuk. Kita sudah instruksikan semua Puskesmas tanpa terkecuali, bagaimana melakukan upaya antisipasi dan pencegahannya, diantaranya dengan melakukan pemberantasan nyamuk dan jentiknya seperti fogging, menaburkan bubuk abate dan menyampaikan 3M kepada masyarakat,” kata Gunawan.

Sementara itu selama Januari-Februari ini ada tiga kecamatan endemis yakni Kecamatan Somba Opu, Pallangga dan Pattallassang. Secara rinci ketiga kecamatan itu menjadi lokus pelaksanaan fogging sejak awal Februari lalu yakni BTN Nuki (Pallangga), Lingkungan Salekowa Kelurahan Pangkabinanga (Pallangga), BTN Taman Mappala Indah Kelurahan Pangkabinanga (Pallangga), Lingkungan Mappala Kelurahan Pangkabinanga (Pallangga), Lingkungan Ballaparang Kelurahan Pangkabinanga (Pallangga), BTN Nusa Mappala Gowa Kelurahan Pangkabinanga (Pallangga), BTN Sigma Royal Kelurahan Pangkabinanga (Pallangga), Kelurahan Tompobalang (Somba Opu), BTN Bumi Zarindah Dusun Japing Desa Sunggumanai (Pattallassang), Dusun Sailong Desa Sunggumanai (Pattallassang). (saribulan)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top