PESANTREN AN-NUR TOMPOBULU
Metro

Tanda Tangan Digital Berlaku untuk Empat Dokumen

MAKASSAR, BKM – Program terbaru dalam bidang kependudukan mulai diberlakukan tahun ini.
Program tersebut, menurut Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kemendagri RI Prof Zudan Arif Fakhrulloh adalah aplikasi tanda tangan digital yang diterapkan dalam penggunaan dokumen kependudukan.
Prof Zudan mengatakan, dengan aplikasi ini, layanan pembuatan dokumen kependudukan berjalan lancar. Walaupun pejabat berwenang tidak ada di tempat untuk menandatangani dokumen.
” Program ini memudahkan masyarakat mengurus dokumen kependudukan. Jadi tidak perlu bolak balik ke kantor pemerintah karena alasan pejabat yang akan tanda tangan tidak ada di tempat,. Pejabat berwenang dimanapun, sambil pegang handphone bisa tandatangan” ungkapnya saat Rapat Koordinasi Nasional I Dirjen Dukcapil, di Four Point By Sheraton pekan lalu.
Ia menyebutkan, untuk tahap awal, tanda tangan digital bisa digunakan pada dokumen akte kelahiran dan kartu keluarga. Menyusul juga akan diterapkan pada dokumen surat kematian serta surat pindah. Program ini sudah mulai berjalab di 14 kabupaten/kota.
Ada perbedaan dalam prosedur pembuatan dokumen kependudukan menggunakan tanda tangan digital dan tidak.
“Kalau menggunakan aplikasi tanda tangan digital, dokumennya ditandatangani dulu baru dicetak. Kalau manual kan dicetak dulu baru ditandatangani,” jelasnya.
Penggunaan aplikasi ini diperuntukkan bagi kepala dinas, kepala bidang, dan kepala seksi.
“Ke depan ini akan diterapkan di seluruh daerah, pada 514 kabupaten/kota. Semua bekerja berbasis sistem. Aplikasi ini disusun, ada sertifikatnya dari BSSN,” ungkapnya.
Tanda tangan digital ini modelnya seperti QR code atau Barcode.
Kepala Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdukcapil-KB) Sukarniaty Kondolele mengemukakan, Provinsi Sulsel siap menerapkan aplikasi itu. Dia mengimbau seluruh kabupaten/kota untuk menggunakan aplikasi tersebut karena bisa memudahkan layanan ke masyarakat.
“Kami berharap semua dapat menggunakannya karena ini terkait pelayanan administrasi kependudukan .
Kalau kami, sifatnya koordinasi,” jelasnya. (rhm)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top