Metro

Laut Sulsel Memprihatinkan


MAKASSAR, BKM–Yayasan Kanker Indonesia cabang Sulsel menegaskan jika laut di Sulsel kini sudah semakin memprihatinkan. Salah satu penyebabnya adalah Mikroplastik yang banyak mencemari laut Sulsel.
Hal ini tentunya berujung pada kanker ketika mengonsumsi biota laut. Ini terungkap saat Seminar Nasional bertema “Pencemaran Limbah Mikroplastik dengan Bahaya Kanker Indonesia”.
Kegiatan ini sendiri akan diselenggarakan di dua tempat yaitu Wisma Negara Makassar dan Hotel Rinra, Sabtu (9/2) dan Minggu (10/2).
Ketua Panitia, Prof Syahrul Rauf mengatakan, acara ini merupakan peringatan cancer yang digelar Yayasan Kanker Indonesia dan Perhimpunan Onkologi Indonesia yang berpusat di Kota Makassar. Kurang lebih akan ada 15 dokter spesialis yang akan membahas mengenai Kanker beserta bahaya mikroplastik bagi manusia.
“Hasil penelitian pada ikan teri di Sulsel menunjukkan, diantara 10 ikan teri, ada empat ikan yang mengandung bahan mikroplastik. Hal ini tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatn kita. Itulah mengapa Makassar dipilih sebagai tempat peringatan kanker tahun ini,” ungkapnya.
Di hari Minggu, 10 Februari nanti 4 ribu orang akan melakukan gerak jalan santai tiga Kilometer, sepeda santai 100 Kilometer hingga jogging dengan jarak lima kilometer di Jalan Jenderal Sudirman.
Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Sulsel, dr Andi Oci Alepuddin mengatakan akan ada pengumpulan dana amal dengan melakukan lelang lukisan dan busana dari desainer kenamaan Sulsel.
“Kita akan kumpulkan dana lelang dan diberikan kepada Yayasan Kanker Indonesia untuk disumbangkan,” terangnya.(nug/war/c)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments
To Top