PESANTREN AN-NUR TOMPOBULU
Sulselbar

Gowa Tunda Penerimaan PPPK, Ini Sebabnya…

Muh Basir

GOWA, BKM — Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) saat ini sementara berlangsung secara nasional. Hanya saja untuk Kabupaten Gowa belum dibuka sebab masih banyak hal yang perlu disingkronkan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Gowa Muh Basir yang dikonfirmasi Beritakota Makassar, Senin (11/2/2019) usai menghadiri paripurna DPRD Gowa membenarkan jika Gowa belum membuka penerimaan PPPK tersebut.

Di Gowa, kata Basir, jumlah formasi yang disiapkan pemerintah untuk tenaga PPPK ini sebanyak 574 orang dari 799 orang jumlah honorer K2 (kategori dua).

Ke 574 orang ini masing-masing 510 orang tenaga guru, 1 orang tenaga kesehatan dan 63 orang tenaga penyuluh pertanian.

“Jumlah kuota ini memang masih tak sebanding dengan jumlah honorer di Gowa, namun tidak bisa dipaksakan untuk ditambah sebab kuota ini langsung dari Menpan-RB RI. Selain itu, diantara honorer-honorer ini masih ada diantaranya yang memang belum terverifikasi dan mereka belum tercatat ke dalam data base sebab baru mengabdi dua atau tiga tahunan,” jelas Basir.

Meski dianggapnya jumlah kuota belum sepenuhnya merata untuk jumlah keseluruhan K2 di Gowa, bukan berarti persoalan penerimaan PPPK ini tanpa kendala.

“Tetap ada kendala. Masalahnya kita terkendala di anggaran gaji untuk 574 PPPK ini nanti. Saya belum merasa jelas akan ketentuan dari pusat. Soalnya anggaran kita terbatas dan masih akan dihitung dulu oleh Dinas Keuangan daerah. Makanya untuk di Gowa kami belum bisa membuka penerimaan itu sebelum jelas penggajiannya. Gajinya dari mana?” tambah basir.

Jika diestimasi per orang dari 574 PPPK akan menerima gaji sebesar Rp3 juta per bulan maka secara total Pemkab Gowa butuh kisaran Rp 1.722.000.000 per bulan dan Rp 20.664.000.000 untuk hitungan per tahunnya.

“Kita mau ambil dimana, sementara APBD 2019 sudah terbagi-bagi sesuai peruntukkannya. Makanya kami (Pemkab Gowa) belum berani membuka penerimaan PPPK jika belum ada kejelasan anggaran dari pusat,” tandas Basir. (saribulan)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top