PESANTREN AN-NUR TOMPOBULU
Gojentakmapan

Dewan Usung Dua Ranperda Inisiatif, Ini Tanggapan Adnan

GOWA, BKM — Dalam sehari DPRD Gowa menggelar dua rapat paripurna, Senin (11/2/2019) siang dengan agenda pengusulan dua Ranperda Inisiatif Dewan masing-masing Ranperda tentang Pengawasan Pengendalian Lalulintas dan Angkutan Jalan serta Ranperda tentang Pemberian ASI Eksklusif.

Dalam pengusulan dua ranperda inisiatif dewan ini, legislator Nur Ilahi yang membacakan naskah dua ranperda tersebut, menjelaskan tentang dasar dan alasan sehingga dua ranperda tersebut diusung dewan.

“Tujuan diajukannya ranperda ini untuk mewujudkan pelayanan lalulintas dan angkutan jalan yang aman, selamat, tertib dan lancar. Lalulintas memiliki peran yang sangat strategis khususnya dalam mendukung pembangunan dan memajukan kesejahteraan umum di Gowa. Tak hanya itu etika dalam berlalulintas juga sangat dibutuhkan, sehingga ini salah satu cara kita meningkatkan hal tersebut dengan mengusulkan ranperda tentang lalulintas ini agar masyarakat juga mendapat kepastian hukum,” jelas Nur Ilahi, legislator Golkar.

Sementara terkait Ranperda inisiatif pemberian air susu ibu ekslusif (ASI Eksklusif), menurut Nur Ilahi, pemberian asi bagi bayi diusia 0-6 bulan sudah tercantum dalam Peraturan Pemerintah No 33 tentang pemberian ASI.

“Tujuan utamanya agar mampu menjamin pemenuhan hak bayi untuk mendapat ASI eksklusif sejak dilahirkan hingga umur 6 bulan dengan memperhatikan pertumbuhannya sejak lahir. Sangat banyak manfaat yang didapatkan jika memenuhi ini termasuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak itu sendiri,” tambah Nur Ilahi.

Sementara itu pada agenda paripurna kedua yang digelar pukul 15.30 Wita dipimpin Ketua DPRD Gowa Andi Muh Ishak didampingi dua wakil ketua lainnya berhasil menetapkan Ranperda Penyelenggaraan Kepemudaan menjadi peraturan daerah (Perda).

Sebelumnya perwakilan Pansus Ranperda Penyelenggaraan Kepemudaan ini, Abd Razak menyebutkan bahwa setelah menjalani proses pembahasan bersama, Ranperda Pemuda ini pun dikawal Pansus hingga akhirnya ditetapkan sebagai Perda.

“Semoga Perda Penyelenggaraan Pemuda ini dapat dijalankan pihak eksekutif dengan baik,” kata Razak, legislator Gerindra.

Terkait dua Ranperda Inisiatif dewan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan sangat menyambut baik bahkan Adnan akan mengkaji lebih lanjut.

“Pasalnya ini berhubungan dengan pengaturan kendaraan tambang atau truk 10 roda di Kabupaten Gowa agar memiliki payung hukum. Ini sangat baik karena akan menjadi payung hukum terkait pelarangan truk 10 roda dan truk dengan tonase diatas 8 ton tidak boleh melewati jalan kabupaten, karena kapasitas jalan kabupaten tidak boleh dilalui diatas 8 ton, kecuali ada surat ijin resmi dari pemerintah provinsi untuk melintas, sehingga butuh perda agar siapapun yang melanggar akan dikenakan sanksi dengan kurungan penjara 1 bulan dan denda. Kita akan pelajari lebih lanjut lagi ranperda inisiatif ini,” jelas Adnan. (saribulan)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top