PESANTREN AN-NUR TOMPOBULU
Headline

Delapan Korban tak Ditemukan, Keluarga Diminta Ikhlas

IST BERAKHIR-Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menyerahkan penghargaan kepada Ditpolsatwa Korsabhara Baharkam Mabes Polri, Senin sore (4/2). Tanggap darurat bencana di daerah ini berakhir Selasa (5/2).

MASA tanggap darurat bencana di Kabupaten Gowa kini telah berakhir. Ditetapkan sejak 23 Januari 2019, pencarian serta evakuasi para korban dinyatakan dihentikan pada Selasa, 5 Februari 2019.

MESKI selama tiga hari sebelum batas akhir, pencarian korban hilang tak jua berbuah hasil. Sebanyak delapan orang yang menjadi korban tanah longsor belum juga ditemukan. Satu di Kecamatan Manuju. Sisanya di Kecamatan Bungaya.
Dari data Posko Induk Bencana Alam Kabupaten Gowa, jumlah korban tewas dalam bencana banjir dan longsor hingga kini tercatat 56 orang.
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, Surat Keputusan (SK) masa tanggap darurat memang hanya selama 14 hari. Dan sesuai awal penetapan masa tanggap darurat Gowa pada 23 Januari 2019, maka 5 Februari 2019 sudah cukup 14 hari.
“Tiga hari kemarin tim evakuasi masih melakukan pencarian. Namun hasilnya masih nihil. Namun, karena masa tanggap darurat berakhir hari Selasa, tim evakuasi masih melakukan pencarian korban hingga malam dan hasilnya nihil. Kini pencarian berhenti,” terang Adnan.
Sehari sebelumnya, Senin (4/20, wakil bupati Gowa serta Dandim berada di lokasi bencana. Mereka mengajak para keluarga korban duduk bersama. Ditawarkan opsi, apakah pihak keluarga masih meminta pencarian dilanjutkan, atau sudah mengikhlaskan mereka yang belum ditemukan.
”Informasi dari Pak Wabup bahwa keluarga korban yang di Manuju sudah mengikhlaskan. Sementara yang di Bungaya, Pak Wabup akan menemui semua keluarga korban yang belum ditemukan,” jelas Adnan lagi.
Menyusul telah berakhirnya masa tanggap darurat ini, semua tim evakuasi dan relawan dari berbagai lembaga sudah ditarik. Termasuk tim K9 yang didatangkan dari Mabes Polri dan Polda Sulsel.
Pada Senin sore, bupati bersama Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga melepas secara resmi kepulangan 15 personel Tim K9. Berikut lima anjing pelacak yang selama ini membantu pencarian korban. Ditandai dengan pemberian penghargaan terhadap 15 personel Ditpolsatwa Korsabhara Baharkam Mabes Polri. (sar/rus)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top