Gojentakmapan

Kembangkan Pemukiman Sehat, Warga Bulutana Budayakan Padasang


Camat Tinggimoncong Andry Mauritz mencoba cuci tangan di Padasang milik warga di Lingkungan Pallangga, Kelurahan Bulutana.

GOWA, BKM — Ada hal unik dilakukan warga Lingkungan Pallangga, Kelurahan Bulutana, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa.

Saat ini wilayah Lingkungan Pallangga mengembangkan pemukiman sehat, indah dan bersih. Untuk menunjang itu, warga setempat pun membudayakan Padasang atau tradisi cuci tangan agar senantiasa bersih.

Padasang inipun dibuat warga dan dipasang di halaman rumah masing-masing warga. Bahannya tidak mahal. Hanya berbahan bambu dan bambu ini banyak dan tumbuh subur di Bulutana.

Tentang tradisi sehat yang dikembangkan warga Lingkungan Pallangga ini, Camat Tinggimoncong Andry Mauritz pun sangat mengapresiasi.

Bahkan di sela menyambut tim supervisi TP PKK Kabupaten Gowa beberapa hari lalu, Andry bersama Ketua PKK Tinggimoncong Suleha Andry menyempatkan diri meninjau dan mengujicoba langsung Padasang yang dimiliki semua warga di lingkungan ini.

“Kemarin saya mengelilingi Lingkungan Pallangga ini karena menjadi lokus pemukiman sehat, indah dan bersih. Lingkungan sehat ini adalah salah satu inovasi masyarakat yang dibina PKK. Semua rumah-rumah warga kini dilengkapi tempat cuci tangan yang disebut dengan nama Padasang. Bambu ini dibuat melintang dan beberapa bagian tengahnya dilubangi dan diberi saluran kecil yang fungsinya mengucurkan air keluar bilamana hendak mencuci tangan. Ini sangat unik dan nilainya ekonomis,” kata Andry, Jumat (11/1/2019).

Padasang ini kata Camat Andry merupakan upaya warga di Bulutana
untuk membiasakan dan menanamkan kepada masyarakat pentingnya hidup bersih dan sehat di lingkungan pemukiman mereka sendiri.

“Sungguh indah dipandang mata Padasang yang dicat berwarna merah putih serta dihiasi tanaman-tanaman Toga (apotik hidup) di halaman rumah warga. Saya berharap yang dilakukan warga di Kelurahan Bulutana ini dapat diikuti oleh kelurahan-kelurahan lainnya di Tinggimoncong ini,” tambah camat.

Terpisah Lurah Bulutana Suhardiman yang dihubungi mengatakan, kreasi dan inovasi warga di Lingkungan Pallangga ini adalah satu bentuk imolementasi dari giat program PKK di Tinggimoncong secara umum dan Bulutana secara khusus.

“Alhamdulillah warga di Bulutana ini berupaya mendukung full program daerah untuk mengembangkan Tinggimoncong sebagai daerah wisata apalagi Malino kini menjadi ikon destinasj wisata nasional di Gowa. Dan Bulutana ini adalah bagian dari Malino,” kata Suhardiman. (saribulan)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments
To Top