PESANTREN AN-NUR TOMPOBULU
Metro

CPNS Dideadline 23 Januari

MAKASSAR, BKM — Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dinyatakan lulus pada seleksi yang digelar belum lama ini, sudah harus menyetor berkas yang dipersyaratkan. Penyetoran berkas diberi deadline hingga 23 Januari mendatang.

Namun, sampai saat ini, dari 368 peserta yang dinyatakan lulus, hanya 20 persen diantaranya sudah menyelesaikan pemberkasan, artinya 80 persen lainnya belum jelas.
Saat dikonfirmasi, Kepala Bidang Perencanaan dan Informasi BKD, Irwan Syah mengharapkan, agar para peserta CPNS yang telah dinyatakan lulus segera mengurus dan memasukkan berkasnya. Berkas tersebut nantinya akan menjadi kebutuhan administrasi.
“Kami targetkan para calon ASN, untuk segera mengumpulkan berkasnya pada tanggal 23 Januari 2019. Kalau tidak ya, kami anggap mengundurkan diri,”kata Irwan, Jumat (11/1)
Minimnya pemberkasan ini, lanjut Irwan, ditengarai lantaran beberapa peserta berasal dari luar Kota Makassar. Sehingga akses untuk menyelesaikan berkasnya sangat jauh.
“Biasanya yang kesulitan itu, calon yang di luar daerah. Seperti berkas SKCK dan Surat Keterangan Sehat,” paparnya.
Usai proses pemberkasan, lanjut dia, akan dilanjutkan ke Badan Kepegawaian Negara untuk dilakukan penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP).
“Setelah itu kita SK-kan dengan SK dari gubernur untuk pengangkatan CPNS Pemprov Sulsel,” ulasnya.
Seperti yang diketahui, penerimaan ASN ini sudah dilakukan proses seleksi pada bulan Oktober hingga Desember 2018 lalu. Khusus ASN Pemprov, kuota yang disiapkan sebanyak 401 kursi, namun yang dinyatakan lulus hanya 368.
Artinya tersisa 33 kuota yang masih ada di lingkup Pemprov. Selanjutnya apakah kuota itu akan diusulkan kembali, “kita belum dapat informasi dari BKN karena setelah ini, jadwal dari BKN belum kita tau,” ujarnya.
Sebelumnya, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah (NA) mengatakan, dari 33 kuota kosong itu akan kembali diusulkan ke pusat sebagai tambahan kuota penerimaan CPNS selanjutnya.
“Suda, kita akan usulkan kok, Krn memang passing grade terlalu tinggi kemarin, jadi banyak yang tidak terpenuhi,” singkat NA.
Meski begitu, Kepala BKD Sulsel, Ashari F Radjamilo mengatakan, seluruh lanjutan ketentuan penerimaan CPNS ini masih bergantung pada kebijakan Menpan-RB, dan BKN selaku pelaksana.
“Tetap kita berpedoman pada apa yang dihasilkan dari BKN. Karena dia lembaga berkompeten mengumumkan itu,” ujarnya.
Ada pun jika pengadaan CPNS kembali dibuka tahun ini, maka stok kuota yang belum terpenuhi itu akan kembali diusulkan.
Sementara untuk proses selanjutnya, Ashari mengatakan saat ini masih dalam proses pemberkasan.
“Untuk proses penerbitan SK, ada pemberkasan. Itu nanti akan diserahkan ke BKN untuk pencetakan NIP. Secepatnya 2019 ini,” ulasnya.
Untuk itu, bagi peserta yang dinyatakan lolos seleksi CPNS, kata Ashari, diharuskan segera mempersiapkan dan melengkapi berkas keperluan NIP yang akan dikirim ke pusat nantinya.
“Kami mengimbau kepada masyarakat yang lolos karena itu mari kita menunggu tahap selanjutnya, himbauan kita agar peserta yang lolos bisa lengkapi berkas-berkasnya,” ungkapnya.
Sebelumnya, sebanyak 928 peserta ikut seleksi berkas, namun hanya 6580 peserta CPNS lingkup Pemprov Sulsel yang berhak melakukan tes dengan sistem CAT pada 7 hingga 10 November 2018 lalu. Selanjutnya terpilih lah 751 peserta yang lolos ikut seleksi SKB, hingga akhirnya tersisa 368 orang saja yang dinyatakan lulus seleksi. (rhm)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top