Headline

Sulsel Lampaui Target Daerah Penerima Adipura


MAKASSAR, BKM — Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) mengumumkan daerah yang meraih piala Adipura tahun 2018. Namun data yang disampaikan ke Provinsi Sulsel belum sepenuhnya rampung.
Data sementara, dari 18 kabupaten/kota yang masuk nominasi, 14 kabupaten/kota dipastikan meraih Piala Adipura. Hal itu terungkap setelah daerah bersangkutan mendapat undangan ke Jakarta untuk menerima piala yang menjadi lambang prestisius bidang kebersihan dan lingkungan hidup tersebut.
Kepala Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup (PLH) Sulsel Andi Hasbi Nur, menyebut 14 kabupaten/kota yang meraih Adipura tersebut. Yakni Maros, Pangkep, Barru, Kota Parepare, Kabupaten Sidrap, Pinrang, Soppeng, Wajo, Palopo, Luwu Timur, Sinjai, Bulukumba, Bantaeng, dan terakhir Kabupaten Takalar.
“14 kabupaten itu yang sudah ada undangannya,” katanya saat dihubungi, Kamis (10/1).
Dari nominasi yang ada, tiga daerah gagal meraih piala tersebut.
Menurut Hasbi, dua daerah sebenarnya memiliki nilai di atas passing grade, namun terdapat beberapa temuan sehingga harus gugur.
“Ada dua kabupaten itu, nilainya sudah bagus di atas passing grade pada penilaian pemantauan p1 dan p2, tapi jatuh saat pemantauan ketiga (verifikasi), yaitu Kabupaten Enrekang dan Bone,” paparnya.
Sementara Kabupaten Gowa, lanjut Hasbi, mendapatkan penilaian yang bagus, namun lagi-lagi jatuh pada masalah pengelolaan sampah.
Sisa Kota Makassar yang belum diketahui kepastiannya, apakah menerima undangan untuk penyerahan Piala Adipura atau tidak.
“Tinggal Makassar yang kita masih tunggu infonya apa dapat atau tidak,” jelas Hasbi, tadi malam.
Sesuai rencana, penyerahan piala Adipura dilaksanakan 14 Januari mendatang. “Itu sesuai dengan undangan yang disampaikan,” tuturnya.
Sebelumnya, kata Hasbi, Dinas Lingkungan Hidup Pemprov Sulawesi Selatan hanya menargetkan 11 kabupaten/kota di Sulsel bisa meraih Adipura.
“Ini sungguh di luar ekspektasi. Melebihi target yang diharapkan,” ungkap Hasbi. Tahun lalu, hanya 6 daerah yang diganjar Adipura.
Kata Hasbi, salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk meraih piala Adipura adalah berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan, maka daerahnya harus sudah ada sekolah yang memperoleh piala Adiwiyata.
Adipura merupakan penghargaan untuk birokrasi, sedangkan Adiwiyata adalah untuk sekolah yang berhasil mendidik siswa menjadi individu yang cinta dan memiliki tanggungjawab terhadap lingkungan.
Tahun ini, pemprov menargetkan 85 sekolah di Sulsel yang tersebar di 15 kabupaten/kota bisa meraih Adiwiyata. 67 Sekolah Dasar (SD), 15 (SMP), dan 3 SMA.
“Adiwiyata itu merupakan satu kewajiban sebelum kabupaten/kota mendapatkan Adipura. Syarat Adipura harus sudah ada yang dapat Adiwiyata dulu,” tambahnya.
Launching Gerbang Sulsel Bersatu juga dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan lingkungan hidup untuk 16 kabupaten/kota, sekaligus penyerahan benih dan bibit serta penanaman tanaman endemik oleh seluruh OPD. (rhm/rus)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top