PESANTREN AN-NUR TOMPOBULU
Gojentakmapan

Guru PKN Jadi Pelopor Menuju Pendidikan Abad ke 21

MAROS, BKM — Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) menjadi kebutuhan bagi guru. Sebagai institusi, MGMP diharapkan bisa menjawab berbagai kebutuhan guru dalam rangka meningkatkan kompetensi. \
Setiap guru harus memperbaharui kemampuannya dalam mengajar guna meningkatkan kualitas diri. Hal ini disampaikan Askari, pengawas guru mata pelajaran ketika membuka acara pertemuan perdana MGMP guru PKN se-Kabupaten Maros, di SMP Pergis, Jalan Ratulangi, Maros, Selasa (8/1).
Dikatakan Askari, konsep dunia pendidikan telah mengenal yang namanya MGMP. Khususnya dalam merumuskan, mendiskusikan dan mengambil jalan terbaik dalam proses belajar mengajar, maka MGMP mutlak dilakukan.
Musyawarah ini akan memutuskan jalan dan langkah-langkah dalam meningkatkan mutu pendidikan serta mengangkat prestasi siswa dalam mata pelajaran yang dimusyawarahkan.
”MGMP diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan dan meningkatkan prestasi dalam mata pelajaran khususnya PKN,” jelas Askari.
Ditambahkan, MPGP PKN biasanya dilakukan sekali dalam sebulan dengan melibatkan semua guru PKN SMP se-Kabupaten Maros. Musyawarah guru PKN pada MGMP diharapkan dapat menemukan solusi dalam memecahkan masalah yang kiranya dialami oleh setiap guru disetiap sekolah.
Sementara itu, Ketua MGMP PKN Maros, Kasifa, mengatakan, musyawarah guru mata pelajaran PKN yang digelar ini dimaksudkan agar setiap guru mampu menjalin tali silaturahmi. Sehingga terjalin hubungan yang harmonis.
Bisa dibayangkan, semua guru dalam lingkup MGMP tertentu berkumpul, bercengkrama, dan berbagi berbagai hal terkait tugasnya sebagai guru . Hal yang paling menonjol saat ini terkait masalah Sasaran Kerja Pengawai (SKP) yang dihadapi guru saat ini.
Untuk penandanganan SKP guru harus mendapatkan rekomendasi dari pengawas. Untuk mendapatkan rekomendasi guru harus melampirkan berkas seperti, perencanaan pembelajaran (RPP),melaksanakan pembelajaran,melakukan evaluasi pembelajaran, melakukan analilis hasil pembelajaran dan melakukan tindak lanjut.
”Ada lima hal yang harus disiapkan setip guru untuk mendapatkan rekomendasi dari pengawas sekolah,” jelas Kasifa. (ari/mir/c)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top