PESANTREN AN-NUR TOMPOBULU
Headline

Air Siraman dari Sumur Tua Katangka dan Zamzam

Prosesi Adat Mappasili Putra Gubernur Sulsel

MAKASSAR, BKM — Prosesi adat mappasili digelar calon pengantin M Fathul Fauzi Nurdin yang akrab disapa Uji, Rabu (9/1).
Anak ketiga Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah itu mengawal prosesi mappasili dengan marellau dampeng (memohon maaf), meminta doa restu dan sungkeman kepada orang tua.
Selanjutnya, lelaki yang akan menikahi Gunya Paramasukhaputri atau akrab disapa Gunya itu menuju ke baruga walasuji tempat prosesi siraman akan dilaksanakan. Sejumlah tamu penting yang hadir dalam acara itu dipersilakan untuk ambil bagian dalam prosesi siraman. Di antaranya unsur Forkopimda, seluruh kepala OPD lingkup Pemprov Sulsel serta kerabat dan keluarga.
Untuk diketahui, air siraman yang digunakan Uji berasal dari berbagai sumber mata air dan sumur keramat di Sulsel. Seperti air zamzam, air dari sumur Masjid Tua Katangka, dari Al Markaz Al Islami, hingga dari sumur di rumah jabatan lainnya.
Sumber air lainnya berasal dari Masjid Tua Takwa Tompo, rumah adat Balla Lompoa Bantaeng, Bungung Barania, Bungung Cara’de Bantaeng, sumber mata air Ere’ Merasa Bantaeng, dari Kedatuan Luwu, Masjid Tua Syekh Yusuf Gowa dan lainnya. Semua disatukan dalam wadah besar dan menjadi air siraman untuk Uji.
Air siraman itu juga diberi 11 macam kembang. Secara harfiah, mappasili berarti proses pensucian diri sebelum memasuki hari pernikahan. Juga untuk menghindari dan menjauhkan diri dari marabahaya.
Saat kedua orang tua dipersilakan melakukan proses mappasili, tampak mata Gubernur Nurdin Abdullah berkaca-kaca pertanda haru.
“Agak ada sedikit haru gitu yah. Uji ini, yang terakhir. Saya lepas karena dia sudah mandiri” kata Nurdin.
Usai prosesi mappasili, dilanjutkan dengan mattimpu atau menyuapi calon pengantin dengan makanan, serta khatam Alquran.
Hubungan emosional antara Nurdin dan anaknya memang sangat dekat. Dia mengatakan, sejak anak-anaknya masih bayi, dirinyalah yang selalu memandikan mereka. Memakaikan baju dan mengantar ke sekolah.
Prosesi adat terakhir yang dilakukan di rumah jabatan adalah mappaci. Berlangsung Rabu malam (9/1).
Akad nikah dan resepsinya akan dilaksanakan di Jakarta, 12 Januari di Hotel Bidakara. Pengantin laki-laki sendiri tidak menggelar resepsi atau pesta.
“Jadi sebenarnya kita tidak ada pesta. Kita hanya ikut adat,” sebut Nurdin.
Wakil Presiden Jusuf Kalla rencananya akan menjadi saksi saat akad nikah. Sementara dari pihak mempelai perempuan adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
Saat resepsi di Jakarta, gubernur mengundang hampir seluruh tokoh nasional. Termasuk Presiden Joko Widodo, Megawati hingga Prabowo Subianto, SBY, dan BJ Habibie. (rhm/rus)

www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top