Headline

12 Menit Mengudara, Batik Air Balik ke Landasan


MAKASSAR, BKM — Rabu pagi (9/1) di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar. Pesawat Batik Air baru saja mengudara. Namun, 12 menit kemudian, atau pukul 10.17 Wita, pilot kembali ke landasan pacu.
Penumpang yang ada di atas lalu diturunkan. Tak lama berselang, para penumpang kembali dinaikkan ke maskapai yang sama, tapi dengan nomor registrasi berbeda.
Davidson Aritonang selaku Deputy GM Perencanaan dan Evaluasi Airnav Cabang MATC, menjelaskan langkah yang dilakukan pilot maskapai tersebut merupakan bagian dari upaya menyelamatkan penerbangan.
”Memang ada kejadian seperti itu (pesawat Batik Air kembali ke landasan pacu). Pilot melakukannya setelah mengudara 12 menit. Itu hal biasa demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam penerbangan,” jelas Davidson di bandara, Rabu (9/1).
Disebutkan Davidson, pesawat terpaksa return to base (RTB) atau balik ke landasan pacu dan pesawat mendarat kembali pukul 10.17 Wita setelah terbang pada pukul 10.05 Wita. Kemudian pesawat diganti dengan tipe yang sama, yakni Airbus 320. Penumpang lalu diterbangkan pukul 11.50 Wita.
Menurut David, pilot pesawat Batik Air memutuskan untuk kembali ke bandara keberangkatan dikarenakan ada masalah teknis terkait dengan indikator kargo doornya.
“Saat penerbangan, pilot pesawat merasa ada yang janggal. Untuk keselamatan penerbangan, diputuskan kembali ke landasan dan diganti dengan pesawat sejenis,” terangnya.
Dia memastikan, yang terjadi dalam penerbangan ini bukan kesalahan teknis pada mesin. Melainkan pintu kargo.
“Pintu kargo yang bermasalah, bukan mesin. Dengan kejadian ini pilot memilih keselamatan dalam penerbangan. Hal ini sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa setiap kejadian dalam pengoperasian suatu pesawat terbang merupakan hal yang lumrah terjadi,” tandasnya. (ish/rus)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments
To Top