PESANTREN AN-NUR TOMPOBULU
Berita

Logo Baru, Energi Baru untuk Pariwisata Sulsel

Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah menandatangani logo baru Pariwisata Sulsel di ruang kerjanya, Jumat pekan lalu.

MAKASSAR, BKM — Di pengujung tahun 2018, Pemprov Sulsel melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) bekerja Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) meluncurkan identitas brand pariwisata Sulsel yang baru.

Identitas pariwisata baru itu dipilih dari hasil karya lomba desain brand pariwisata Sulsel yang dimenangkan oleh Rahmat Zulkarnain.

Brand baru itu berupa logo atau simbol dengan makna dan filosofis mendalam yang diharapkan bisa menjadi energi atau pemantik bangkitnya sektor pariwisata Sulsel yang beberapa tahun terakhir cukup lesu.

Peluncuran brand pariwisata itu dilakukan pada Kamis (27/12/2018) di Mal Phinisi Point Makassar.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulawesi Selatan, A Musaffar Syah menekankan, logo atau simbol dalam sebuah brand daerah menjadi bagian yang cukup krusial dalam upaya promosi pariwisata Sulsel baik di dalam maupun luar negeri.

“Indahnya Sulsel sebagai pusat Indonesia yang kami sebut The Heart Wonderful Indonesia diperkenalkan lewat logo baru itu,” kata Andi Musaffar.

Direktur Eksekutif BPPD Sulsel, Hendra Nick Arthur mengungkapkan logo baru pariwisata Sulsel itu sudah lama ditunggu-tunggu.

“Karena ini yang akan menjadi trigger brand image Sulsel di 2019. Kami sudah siap menyosialisasikan brand baru Sulsel ini,” ujarnya.

Pemenang lomba desain brand pariwisata Sulsel, Rahmat Zulkarnain, mengatakan, rancangannya dalam logo baru pariwisata Sulsel itu menggunakan tiga konsep. Yang pertama, konsep penyambutan yang biasanya disajikan dalam tarian khas, yakni tari kipas.

Kedua, appa sulappa yang merupakan
empat sudut, mencerminkan kekuatan penopang dan wujud dalam bentuk aksara lontar Sulsel. Ketiga, ikatan yang secara umum digambarkan sebagai penarik.

“Kita harus memahami manifestasi kebudayaan terlebih dahulu sebelum merangkum menjadi satu,” ujarnya.

Sebelum merancang brand, tambahnya, terdapat lima aspek yang menjadi acuan. Yaitu wisata budaya, wisata bahari, wisata agro, wisata sejarah, dan wisata kuliner.

Logo baru pariwisata Sulsel itu untuk pertama kalinya diperkenalkan kepada Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah pada Jumat (4/1/2018) pekan lalu di ruang kerjanya.

Orang nomor satu Sulsel itu mengapresiasi kehadiran logo baru itu.
“Kita aspresiasi kreatifitas anak muda yang menciptakan logo baru pariwisata Sulsel. Tugas kita sekarang bagaimana menyosialisasikan logo baru itu,” ungkapnya.

Harapannya, dengan kehadiran logo baru yang sarat akan makna itu, pariwisata Sulsel akan semakin bergairah.

Para pelaku pariwisata semakin bersemangat dalam mempromosikan dan menjual destinasi wisata yang ada di Sulsel.

“Saya berharap logo baru itu jadi energi baru dalam dunia pariwisata kita,” pungkasnya. (rahma)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top