PESANTREN AN-NUR TOMPOBULU
Bisnis

Luno Ajari Cara Investasi Bitcoin Dengan Aman dan Mudah

PENJELASAN -- Deborah Ginting, Community/Event Luno sedang menjelaskan tentang keuntungan bisnis Bitcoin melalui Luno.

MAKASSAR, BKM — Setelah hadir di Indonesia beberapa waktu lalu, pengguna Bitcoin di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang signifikan. Ini tidak terlepas dari manfaat yang telah didapatkan dari pengguna Bitcoin keuntungan berinvestasi melalui Bitcoin. Dari total pengguna 3 juta orang di seluruh dunia, sekitar 300 ribu di antaranya berada di Indonesia.
Debora Ginting, Community/Event Luno di sela acara ngopi bareng Luno yang digelar di Goedang Popsa Makassar, Sabtu sore (15/12). Kehadiran Luno di Makassar melakukan ngopi bareng, kata Debo, panggilan akrab Deborah, untuk mengedukasi masyarakat mengenai aset kripto (cryptocurrency) sebagai salah satu alternatif investasi.
Aset kripto seperti Bitcoin, kata Debo, sangat populer beberapa tahun belakangan. Karena pergerakan harganya yang signiflkan serta kemungkinan keuntungan yang ditawarkan kepada para investomya. Hal ini memicu maraknya platform yang menawarkan Bitcoin sebagai investasi di Indonesia. Ditambah banyaknya berita penipuan mengatasnamakan Bitcoin. Konsumen mungkin sulit membuat keputusan untuk memilih platform terbaik dan mengetahui cara memulai investasi di Bitcoin.
Di Indonesia. aset kripto sudah ditetapkan sebagai subjek komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa perdagangan berjangka oleh Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Sejak awal 2017, Bitcoin yang merupakan salah satu jenis cryptocunency mengalami peningkatan nilai lebih dari 500 persen yang menjadikan aset kripto sebagai salah satu aset dengan performa terbaik.
”Luno adalah perusahaan global terkemuka dibidang aset kripto dengan misi merevolusi sistem keuangan dunia. Dengan tim lebih dari 250 orang tersebar di berbagai belahan dunia. Luno berkantor pusat di London dan memiliki kantor di Singapura, Afrika Selatan, Malaysia, India, Indonesia, dan Nigeria. Didirikan oleh CEO Marcus Swanepoel dan CTO Timothy Stranex pada tahun 2013. Dengan lebih dari 2 juta pelanggan (wallet) tersebar di 40 negara, produk dan Iayanan Luno memberikan keamanan dan kemudahan untuk menyimpan, membeli, menggunakan, dan mempelajari aset kripto seperti Bitcoin dan Ethereum,” kata Debo.
Di Indonesia, Luno juga merupakan salah satu pendiri Asosiasi Blockchain Indonesia (A-B-l) yang bertujuan unt menjadi wadah pelaku industri yang bermitra dengan pemerintah untuk mensukseskan era industri 4.0 dalam mendaptakan ekosistem teknologi blockchain yang berkualitas melalui regulasi, inovasi, dan kolaborasi.
”Sebagai salah satu pioner di industri aset kripto, Luno sudah mulai mendedikasikan waktu untuk memberikan edukasi kepada masyarakat seputar aset kn’pto sejak awal tahun 2017 secara online maupun offline. Luno sudah pemah membuat acara edukasi di Medan, Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Di rentang waktu November 2018 hingga Januari 2019, Luno hadir di beberapa kota Iainnya, seperti Semarang, Palembang, Batam, Makassar, Pekanbaru, dan Denpasar,” tambah Debo.
Debo mengatakan, Luno ingin memberikan informasi yang harus diketahui masyarakat sebelum membeli aset kripto, seperti tentukan nominal Bitcoin yang ingin dibeli, atau nominal Rupiah yang ingin digunakan kebanyakan investor pemula mengira bahwa mereka harus membeli satu Bitcoin. Harga satu Bitcoin yang saat ini berada diangka sekitar Rp90 juta, lalu menyebabkan para investor mengurungkan niatnya. Padahal nyatanya, di Luno Anda dapat membeli Bitcoin mulai dari Rp15.000 saja.
Bitcoin adalah aset high risk dan high return. Harga Bitcoin sangat fluktuatif karena sepenuhnya dipengaruhi permintaan dan penawaran. ”Jangan melakukan investasi dalam jumlah Iebih besar dari jumlah yang sanggup Anda relakan, dan pastikan Anda melakukan investasi jangka panjang. Jangan menggunakan platform atau Iayanan apa pun yang menjanjikan jaminan keuntungan da|am jangka waktu tenentu. Ada kemungkinan besar skema investasi tersebut adalah penipuan atau investasi bodong. Dalam investasi Bitcoin, Anda tidak akan dijanjikan keuntungan atau profit yang pasti. Seluruh keuntungan tergantung ketepatan momen jual beli Bitcoin yang Anda lakukan. Investasi Bitcoin memberikan Anda kebebasan untuk menentukan kapan Anda ingin menjual atau membeli Bitcoin Anda sendiri,” tegas Debo.
Debo menambahkan, ada sejumlah platform yang menawarkan Iayanan untuk membantu Anda membeli/menjual/menyimpan Bitcoin. Penting bagi Anda untuk mempe|ajari berbagai platform aset kripto/perusahaan yang ada. ”Ada beberapa hal penting yang perlu diketahui sebelum berinvestasi. Misal apakah perusahaan didukung investor ternama. Anda dapat menilai kredibilitas perusahaan atau platform aset digital dengan melihat siapa investor di balik perusahaan tersebut. Para investor ini menanam modal agar perusahaan dapat mengembangkan bisnis dan kegiatan operasional. Para investor pastinya dengan cermat memilih dan menguji perusahaan-perusahaan sebelum memutuskan untuk menyuntik modal ke perusahaan yang terpilih karena nama investor akan bersanding dengan pemsahaan tersebut. Oleh karena itu, hal ini menjadi indikator penting dalam menentukan apakah sebuah perusahaan digital asset dapat dipercaya atau tidak. Luno, misalnya. didukung oleh investor temama seperti Venturra Capital. Selain itu, Luno juga telah menen’ma investasi dari Balderton Capital, RM! Holdings, Digital Currency Group, dan Naspers (yang juga merupakan investor di OLX dan WeChat). Apakah perusahaan memiliki tim yang handal. Kunjungi Iaman perusahaan untuk mempelajari lebih lanjut tim yang bekerja untuk perusahaan tersebut. Platform dan perusahaan terbaik memiliki tim yang unggul dan berasal dari berbagai perusahaan berkelas dunia. Di Luno, tim kami berasal dari berbagai perusahaan, seperti Google, Amazon, E&Y. Standard Chartered, dan lainnya. Platform dengan tim yang kredibel mampu memberikan produk serta layanan yang berkualitas,” tutur Debo. (mir)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top