RAMZAH THABRAMAN
Berita

Warga Bola Eppae Watang Pulu Didoktrin Wasbang Bela Negara

Warga Dusun Bola Eppae kelurahan Arawa kecamatan Watang Pulu saat mengikuti penyuluhan Wasbang, Jumat (7/12/2018).

SIDRAP, BKM — Penyuluhan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) masuk dalam materi kegiatan rutin setiap tahun oleh Badan Kesbangpol Kabupaten Sidrap yang di inisiasi oleh para anggota DPRD Sidrap.

Kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan untuk menjaga keutuhan negara melalui pengajaran bela negara pada masyarakat di 11 kecamatan yang ada di kabupaten Sidrap.

Salah satu wilayah yang menjadi sasaran program wasbang ini adalah masyarakat, kampung Bola Eppae kelurahan Arawa kecamatan Watang Pulu, Jumat (7/12/2018).

Bertempat di salah satu rumah warga setempat, sebanyak 65 warga tersebut diundang untuk diberikan edukasi tentang bagaimana menjaga keutuhan NKRI, dan terutama hidup tolerasi dan berdampingan damai antar ummat beragama.

Sama seperti materi yang diberikan pada daerah lainnya, Badan Kesbangpol kerjasama legislator Sidrap memberikan pencerahan bagaimana masyarakat menjaga keutuhan NKRI dengan menangkal radikalisme, isu hoax, sarachen atau ujaran kebencian, dan terorisme dengan tidak terpengaruh dengan hal-hal tersebut diatas.

Adapun para pemateri yang dihadirkan diantaranya Plt Badan Kesbangpol Drs. H. Andi Baharuddin, M.Adm, Pem sekaligus membuka resmi acara tersebut mewakili Bupati Sidrap H. Dollah Mando.

Juga lainnya, Danramil 1420-03 Kapten Inf, Haryono Mansyur mewakili Dandim 1420 Sidrap, dan Legislator asal Demokrat Sudarmin Baba.

Adapun maksud dilaksanakan penyuluhan Wasbang ini adalah untuk memberikan gambaran kepada masyarakat tentang jiwa nasionalisme dan patriotisme dalam rangka menjaga keutuhan NKRI kepada komponen masyarakat di wilayah Sidrap, khususnya warga Bola Eppae kecamatan Watang Pulu.

“Tujuan dari Wasbang sendiri untuk meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme dalam rangka menjaga keutuhan NKRI sehingga masyarakat Sidrap khususnya di Watang Pulu ini semakin Cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia utamanya mendukung penuh pembangunan disegala sektor di kabupaten Sidrap,” ucap HA Baharuddin, disela-sela materinya usai membuka resmi acara rutin tersebut.

Hal senada juga dikemukakan Sudarmin Baba, SH, dalam materinya menjelaskan tema kegiatan ini “Melalui Pendidikan Wasbang Mari Kita Wujudkan Rasa Persatuan Bangsa”, menumbuhkan solidaritas dalam menjaga keutuhan Bangsa Indonesia termasuk Kabupaten Sidrap yang kita cinta bersama.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut warga Dusun Bola Eppae Kelurahan Arawa yang berjumlah 65 orang. (Ady)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top