RAMZAH THABRAMAN
Gojentakmapan

Berbekal Dana Patungan, Warga RTC/RW4 Jenetallasa Percantik Lorong

GOWA, BKM — Virus Kotaku (kota tanpa kumuh) yang digenjot di wilayah Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa ternyata sudah menjalar ke Kecamatan Pallangga. Terbukti sejumlah lorong perumahan di Desa Jenetallasa sudah tertata rapi dan indah.

Seperti terlihat di RT/C-RW/4 Perumahan Berlian Indah di Dusun, Jenetallasa, Desa Jenetallasa, Kecamatan Pallangga.

Lebih 20 KK di lorong Blok E ini telah memelihara budaya bersih, sehat dan hijau. Sepanjang jalan lorong, dipenuhi jejeran pot aneka warna berisi tanaman bunga aneka jenis.

Tak ada satu pun sampah terbuang di jalanan. Semua bersih. Tanaman tumbuh subur menghijau dan teduh.

Syamsir Ketua RT/C mengatakan, awalnya dirinya yang rutin membersihkan lingkungan lorong dari ujung ke ujung padahal rumahnya berada di tengah-tengah.

Guru SD Perumnas Antang Makassar ini, setiap hari baik pagi sebelum pergi mengajar dan sore hari setelah pulang mengajar menyusuri panjang lorong membersihkan dan menanam bunga.

“Semula warga saya acuh dan cuek. Bahkan kalau melihat saya sudah berada di depan rumahnya membersihkan eh malah sembunyi tidak mau keluar. Tapi lama-kelamaan akhirnya tergerak juga hati mereka sehingga mereka semua mulai keluar rumah dan ikut membersihkan. Dan inilah hasilnya sekarang. Bahkan bangganya kami semua disini karena Pallangga juara kecamatan sehat, tentunya lorong kami ada didalam prestasi ini,” jelas Syamsir.

Sepanjang jalur sisi kanan dan kiri jalan lorong, berjejer pot bunga. Berjarak dua meter dua meter terpajang papan bicara terbuat dari triples. Beberapa pesan-pesan dituliskan pada papan bicara dan itu sebagai motivator bagi warga setiap hari untuk selalu menjaga kebersihan. Papan bicara itu salah satunya bertuliskan Lisa (lihat sampah ambil).

Melihat suasana nyaman di lorong RT/C ini, Korkot Kotaku Wilayah Gowa Takalar Nurliah Ruma merasa salut.

“Virus Kotaku sudah menjalar. Ini sangat potensi dikembangkan di Pallangga. Salutnya saya karena para warga lorong patungan dan menghias indah lorongnya. Ini patutlah jadi contoh bagi warga perumahan lainnya di Pallangga, khususnya yang berada di kawasan kota. Lihat sampah langsung ambil dan buang di tempat yang disediakan,” jelas Nurliah Ruma saat menyambangi lorong RT/C-RW/4 Berlian Indah, Kamis (6/12/2018) siang.

Disambut Ketua TP PKK Kecamatan Pallangga Rismawati Taufik dan Ketua RW/4 Basri, Nurliah Ruma berharap warga di perumahan tersebut tetap mempertahankan motivasi menata dan mempercantik wilayah tempat tinggalnya.

Korkot Kotaku juga berharap komitmen warga tidak pernah luntur apalagi ada backup pembinaan dari PKK kecamatan yang berjanji memfasilitasi Taman Baca di RT/C tersebut dengan sarana jaringan internet Wifi untuk remaja-remaja lorong. (saribulan)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top