RAMZAH THABRAMAN
Berita

Komisi Informasi Kaltara Studio Orientasi di Sulsel

KI Kaltara saat bersilaturrahmi dengan KI Sulsel, Kamis (6/12).

MAKASSAR, BKM — Komisi Informasi (KI) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) melakukan studio orientasi di Pemprov Sulsel. Tujuannya, untuk menggali informasi sekaligus mengetahui seperti apa kelembagaan tersebut berjalan di provinsi lainnya.

Ketua KI Kaltara, Muh Isya menjelaskan, KI Kaltara merupakan lembaga yang baru dibentuk pasca terbentuknya Provinsi Kalimantam Timur.

“KI Provinsi Kaltara baru dibentuk sekitar tiga bulan lalu. Kami dilantik Agustus. Secara kelembagaan, masih perlu banyak belajar ke provinsi yang sudah memiliki KI dan cukup lama eksis,” ungkap Isya usai bersilarurrahmi dengan KI Sulsel, Kamis (6/12) di Sekretariat KI.

Momen kehadiran KI Kaltara di Sulsel sengat tepat karena bersamaan dengan digelarnya agenda KI yang sedang menggelar presentase untuk pemeringkatan keterbukaan informasi di Sulsel.

“Ini momen yang sangat baik. Kami bisa menyaksikan langsung proses presentasi kabupaten/kota yang ikut dalam penilaian keterbukaan informasi. Ini sangat berharga karena modelnya bisa kita adopsi di Kaltara,” kata Isya.

Salah satu alasan sehingga Sulsel dipilih sebagai salah satu provinsi yang dikunjungi, karena selama ini, Sulsel cukup konsisten dalam melaksanakan kerja-kerjanya melaksanakan Undang-undang No.14 Tahun 2018 terkait keterbukaan informasi.

Ketua KI Kaltara Muh Isya melakukan kunjungan ke Sulsel didampingi sejumlah komisioner lainnya. Diantaranya Wakil Ketua Abd Wahab, Komisioner Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi (PSI) Jahar, Bidang Advokasi Sosialisasi dan Edukasi Royan Thohuri, Bidang Kelembagaan Rahmat Effendy serta dua staf KI Kaltara.

Mereka diterima langsung Ketua KI Sulsel Pahir Halim, Wakil Ketua Andi Ilham, komisioner Abd Kadir Patwa, Radhiah T, bersama Kepala Sekretariat KI Sulsel, Badaruddin.

KI Kaltara juga menyempatkan diri melihat-lihat aktifitas yang berjalan di Dinas Komunikasi, Informatika, Stastistik, dan Persandian (Kominfo SP) Sulsel.

Salah seorang anggota KI Sulsel, Abd Kadir Patwa mengapresiasi kehadiran KI Kaltara di Sulsel.

Kadir mengatakan, sebagai lembaga baru, KI Kaltara memang perlu banyak menggali informasi dan pengalaman. Perlu banyak sharing dengan daerah lain agar tercipta keseragaman pola.

“Kami berbahagia atas kehadiran tamu dari Kaltara. Kami berharap banyak pengalaman berharga yang bisa diaplikasikan di Kaltara nanti setelah menggali informasi di Sulsel,” tandasnya. (rahma)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top