RAMZAH THABRAMAN
Berita

Bayar Pajak Kendaraan Bisa Pakai ATM atau Mobile Banking Bank Sulselbar

MAROS, BKM — Unit pelaksana tehnik (UPT) Samsat Maros kerja sama dengan Dinas Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulsel melaksanakan sosialisasi pajak daerah di hotel Grand Town Mall Maros, Kamis (6/12/2018).

Sosialisasi tersebut terkait percepatan pembayaran pajak guna menghindari denda dengan cara memanfaatkan kartu ATM atau mobile bangking milik Bank Sulselbar.

Peserta sosialisasi ini berasal dari unsur Pemkab Maros, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perhubungan, Dialer, Finance, toko pemuda, LSM, serta organisasi kemasyatakatan.

Kepala UPTD Samsat Maros Hj Zainab, SE MSi, mengatakan sengaja mengundang unsur pemerintah, perusahaan BUMN dan swasta, mahasiswa, agar diharapkan dapat membudayakan disiplin wajib pajak kendaraan dan juga hasil sosialisaai nantinya dapat di sosialisasikan ke lingkungan tempat ia bermukim.

“Kami rasa sosialisasi ini cukup tepat, jika unsur perintah dan masyarakat terlibat dalam sosialisasi dapat memberikan mereka edukasi tentang kewajiban bayar pajak dan sanksi yang dikenakan kepada wajib pajak yang tak patuh bayar pajak, kendaraan,” kata Zainab.

Untuk pemateri sendiri, itu menghadirkan kepala Bidang Perencanaan Bapeda Prov Sulael Rezah Faizal S.STP M.Si.Kepala Bank BPD Sulsel Cabang Maros Hasjul.

Kepala Bidang Perencanaan Bapeda Sulsel Reza Faisal dihadapan peserta mengatakan sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada pelanggan samsat di Maros bahwa membayar pajak tepat waktu sangat penting.

Lanjut Reza program terbaru yang dibuat Bapenda Sulsel melalui UPT Samsat Maros pembayaran pajak tidak hanya dilakukan di kantor Samsat saja tapi saat ini pajak kendaraan bermotor (PKB) sudah dapat dibayar di Bank Sulselbar Cabang Maros.

Pelanggan Samsat biasanya membayar di kantor samsat atau samsat keliling, samsat delivery. Kini samsat sudah kerja sama dengan bank BPD Sulselbar.

Pembayaran pajak PKB bisa dilakukan dengan menggunakan lewat ATM atau Bobile Banking bank Sulselbar.

“Pelanggan dimana saja berada di wilayah Sulselbar bisa membayar pajak dengan memanfaatkan ATM atau mobile bangkin  Bank Sulselbar,” jelas Resa.

Sementara itu Kepala Bank Sulselbar Hasjul dihadapan peserta mengatakan kerja sama Bank Sulsulbar dengan Samsat dapat memudahkan wajib pajak PKB dengan menggunakan kartu ATM dan Mobile Bankin.

Wajib pajak yang sudah membayar, sisa membawa bukti struk ke kantor samsat untuk pengesahan STNKnya paling lambat satu bulan setelah wajib pajak melunasi pajaknya.

“Kerja sama ini untuk memudahkan wajib pajak melunasi pajak kendaraanya.” jelas Hasjul.

Menurutnya, kerja sama Bank Sulselbar  dengan Bapeda Sulsel adalah terobosan baru untuk memanjakan wajib pajak di Sulsel. Karenanya tidak ada lagi alasan untuk tidak membayar pajak kendaraan bermotor.  (Askari)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top