RAMZAH THABRAMAN
Bisnis

Ninmedia Jadi Jendela Dunia Bagi Masyarakat Daerah

Commercial Director Ninmedia, Jimmy Fenton

MAKASSAR, BKM — Perusahaan perfilman Multivision Plus (MVP) bekerjasama platform TV satelit Ninmedia, menayangkan saluran TV hiburan berkualitas ke seluruh pelosok nusantara. Amit Jethani, Group COO Multivision Plus (MVP) menjelaskan, melalui jaringan platform TV satelit, jangkauan Ninmedia telah sampai ke daerah pelosok dan perbatasan Indonesia. ”Kini masyarakat kita memiliki akses terhadap berbagai hiburan unggulan, drama, sinetron, film-film Indonesia, dan film-film box office milik MVP,” kata Amit Jethani.

Amit menambahkan, MVP telah melayani kebutuhan masyarakat akan hiburan berupa tontonan sejak tahun 1988. Berbekal pengalaman selama 30 tahun, pihaknya telah memahami jenis-jenis hiburan yang diminati setiap lapisan masyarakat dan berdedikasi untuk terus menciptakan hiburan unggulan. Ragam channel-channel TV MVP kini bisa diakses masyarakat di seluruh pelosok Indonesia melalui jaringan platform TV satelit Ninmedia. Terutama bagi yang berada di daerah pelosok dan perbatasan yang selama ini tidak terjangkau saluran UHF.

”MVP channel menyediakan ragam pilihan seperti Galaxy TV yang menayangkan film dan blockbuster luar negeri berkualitas dan bermutu. Galaxy Premium yang menayangkan film-film box office baru dan lama, IMC yang khusus menayangkan berbagai genre film layar lebar Indonesia, channel Pelangi yang khusus menayangkan drama serial TV Asia seperti dari Indonesia sendiri, India, dan Thailand yang sudah didubbing ke bahasa Indonesia dan MVP drama yang menayangkan drama sinetron,” jelasnya.

Data dari Badan Pusat Statistik tahun 2015 menyebutkan, sekitar 91,47 persen penduduk berusia di atas 10 tahun masih menggunakan televisi sebagai akses utama untuk mendapatkan informasi. Sayangnya, masih banyak area yang secara topografis, belum bisa dijangkau saluran UHF.

”Per Januari 2018, sekitar 46 persen masyarakat terutama yang berada di daerah terpencil, belum terjangkau saluran teresterial atau UHF. Dalam kontek sini, Ninmedia berperan dalam hal pemerataan informasi dengan memberikan akses terhadap TV digital di area-area tersebut. Tidak hanya berisikan program hiburan, edukasi, keagamaan, film, anak dan musik. Tetapi kini Ninmedia juga menghadirkan channelTV premium melalui kerjasamanya dengan MVP,” terang Rahadi Arsyad, President Director Ninmedia.

Sementara Jimmy Fenton, Commercial Director Ninmedia, menjelaskan, Galaxy TV pada MVP channel merupakan channel TV premium yang menayangkan film-film box office terbaik dan kini dapat ditonton melalui platform TV satelit Ninmedia menggunakan Set Top Box (STB) yang direkomendasikan, seperti Venus Yaris, Gardiner, Tanaka Orionsky, Intra dan lain sebagainya, sebagai perangkat receiver Set Top Box (STB) ke televisi ataupun melalui aplikasi android KuGo. Ninmedia merupakan terobosan baru dunia penyiaran sebagai satu-satunya jaringan platform TV satelit saat ini yang memberikan akses gratis dan bisa menjangkau masyarakat Indonesia hingga ke daerah pelosok dan perbatasan. KuGo sendiri merupakan aplikasi Ninmedia untuk kemudahan pelanggan yang bisa diakses melalui handphone dan tablet.

”Kerjasama dengan MVP merupakan langkah strategis dalam mengembangkan penyiaran di Indonesia. Penambahan channel-channel dari MVP sebagai channel TV premium di platform TV satelit Ninmedia memberikan lebih banyak keuntungan dan kemudahan bagi para teknisi atau instalatir parabola dalam merekomendasikan penggunaan STB di daerah mereka. Karena platform TV satelit Ninmedia kini tidak sekedar menjadi sumber informasi bagi masyarakat di daerah, tetapi juga menjadi jendela dunia dengan adanya akses gratis terhadap film produksi lokal dan film Hollywood. Sehingga masyarakat Indonesia yang berada di daerah pelosok dan perbatasan, kini bisa menikmati berbagai hiburan dan melihat trend dunia melalui film-film terbaru,” kata Jimmy.

Ninmedia turut berperan dalam meningkatkan perekonomian para sales atau umumnya disebut sebagai teknisi atau instalatir parabola yang bertugas merekomendasikan penggunaan Set Top Box (STB) resmi Ninmedia. Ini menunjukkan tingginya kebutuhan masyarakat daerah akan sumber informasi, terutama akan platform TV Satelit Ninmedia.

”Bagi saya, pekerjaan ini bukan sekadar pekerjaan menjual atau teknisi. Tetapi sebagai garda depan dalam menyediakan siaran digital yang jernih dan bisa dinikmati secara gratis oleh masyarakat daerah saya. Apa yang telah dilakukan Ninmedia merupakan sesuatu yang selama ini tidak bisa dijangkau saluran UHF. Ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri buat saya. Itulah yang menjadi semangat dan motivasi saya sebagai teknisi Ninmedia,” ujar Indra Kurniawan, teknisi Ninmedia dari Cilacap, Jawa Tengah.

Indra Kurniawan merupakan salah satu dari sekian banyak teknisi Ninmedia di daerah yang merasakan peningkatan penghasilan. Sebelumnya, ia bekerja hanya bermodalkan kendaraan motor. Namun kini sudah mampu membeli mobil yang kemudian semakin memotivasi dirinya untuk menjadi teknisi Ninmedia terbaik setiap hari. (mir)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top