RAMZAH THABRAMAN
Metro

ATM Tertelan, Tapi Uang Raib Rp5 Juta; Ternyata Digondol Teknisi ATM

SIDRAP, BKM — Kasus pencurian dana nasabah bank kembali terungkap di wilayah hukum Polres Sidrap, Kamis (29/11/2018).

Seorang pemuda bernama Andi Muh. Faisal alias Ical (24), warga BTN Arawa Indah Kelurahan Batulappa, Kecamatan Watang Pulu, Sidrap ditangkap polisi di rumahnya pukul 14.30 Wita. Ia diduga membobol ATM salah satu nasabah BRI.

Ical ditangkap setelah polisi menerima laporan korban bernama Ahmad Ukkas (35) yang berprofesi peternak. Ahmad adalah warga Kelurahan Panreng Kecamatan Baranti Sidrap.

Penangkapan ini dipimpin langsung Ka Unit Khusus Sat Reskrim Polres Sidrap Aiptu Abd Halim, S.Sos.

Dari tangan Andi Ical, polisi menyita barang bukti berupa sebuah HP Oppo warna hitam serta 1 lembar kartu ATM BRI atas nama Ahmad Ukkas.

Selain itu, ditemukan 1 lembar kartu ATM BRI atas nama Ahmad Maulana dan 1 lembar kartu ATM BRI testcard PT. Kejar milik tersangka. Belakangan diketahui bahwa PT Kejar adalah perusahaan pihak ketiga untuk pemeliharaan mesin ATM BRI.

Penangkapan ini bermula saat Ahmad Ukkas melapor ke Polres Sidrap.  Dalam Laporan Polisi nomor : LP/645/XI/2018/SSL/Sidrap, tgl 26 November 2018, Ahmad mengadukan uangnya sebesar Rp5.000.000 hilang dari nomor rekeningnya setelah kartu ATM nya tertelan Sabtu 24 November 2018 lalu pukul 10.00 Wita.

Dalam laporannya, Ahmad Ukkas mengaku ingin mengambil uangnya di mesin ATM BRI Indomaret Jl. Jend. Ahmad Yani, Lautang Benteng Kecamatan Maritengngae, Sidrap sekitar pukul 10.00 wita.

Namun setelah memasukkan kartu ATM miliknya, kartu tersebut tertelan di mesin ATM dan melaporkannya ke pihak Bank BRI cabang Sidrap.

Namun, pada hari kejadian, bank tutup karena hari libur. Security Bank BRI menyarankan pada korban agar datang pada hari Senin.

Selanjutnya, pada hari Senin, 26 November 2018 lalu, pihak BRI menjelaskan bahwa kartu ATM milik korban telah digunakan pada hari Senin 26 November 2018 sekitar  00.15 Wita.

Dengan rincian transaksi penarikan tunai totalnya sebesar Rp5.000.000. Pelaku awalnya mencoba memanfaatkan kartu ATM korban dengan transfer sebesar Rp10.000,- ke rekening BRI atas nama Ahmad Maulana.

Dianggap berhasil, pelaku kemudian mencoba menarik tunai sebanyak Rp2 juta sebanyak 2 kali penarikan. Beberapa saat kemudian, pelaku kembali menarik tunai lagi sebanyak Rp800 ribu dan sisanya Rp200 ribu ditarik.

Saat dijelaskan transaksi itu oleh pihak bank, korban merasa tidak pernah melakukan transkasi tarik tunai dengan alasan kartu ATM miliknya tertelan dan bermasalah. Ia pun akhirnya melaporkan kasus ini ke polisi.

Dari laporan ini,  polisi kemudian mempelajari kasusnya dengan melakukan serangkaian penyelidikan termasuk memeriksa CCTV milik Indomaret tempat kartu ATM milik Ahmad Ukkas tertelan.

Berdasarkan alat CCTV tersebut, polisi akhirnya mengindentifikasi pelaku Andi Ical. Polisipun lalu bergerak mendatangi rumah Andi Ical. Lelaki ini diamankan tanpa melakukan perlawanan.

Saat digelandang ke Mapolres Sidrap,  Andi Ical mengakui jika ia yang menarik uang milik Ahmad Ukkas.  Ia bisa melakukan itu setelah ia membuka ATM yang menelan kartu milik Ahmad.

“Tersangka sudah mengakui perbuatannya yang telah mengambil kartu ATM milik korban dan melakukan transaksi sebesar Rp5 juta,” jelas Kapolres Sidrap,  AKBP Ade Indrawan melalui Kasat Reskrim AKP Jufri Natsir.

Tersangka dapat mengambil ATM yang tertelan tersebut, kata Jufri,  karena dirinya bekerja sebagai petugas service pada PT. Kejar yang bekerja sama dengan pihak Bank BRI untuk penanganan operasional mesin ATM.

Jufri menjelaskan,  tersangka mengetahui PIN ATM korban setelah memilih angka dan huruf secara acak dan ternyata berhasil.

“Makanya, tersangka menguras uang korban di ATM BRI. Kini tersangka masih kita periksa dan mengembangkan kasus ini,” ucapnya. (ady)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top