RAMZAH THABRAMAN
Berita

Beri Layanan Berkualitas, AHASS Kembali Raih SQ Award

PENGHARGAAN -- Subhan, Dept. Head Warranty and Claim AHM menerima penghargaan SQ Award 2018.

MAKASSAR, BKM — Astra Honda Motor (AHM) terus berkomitmen memberikan yang terbaik dan berkualitas dalam layanan purna jual melalui Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) yang tersebar di Indonesia. Hal ini terbukti setelah AHM kembali berhasil meraih penghargaan Service Quality (SQ) Award 2018 kategori diamond.

Berbagai inovasi dan pilihan layanan servis pun ditawarkan AHASS, seperti booking service (layanan yang dapat dipesan sesuai waktu yang diinginkan konsumen), pit express (servis bebas antre dan cepat untuk konsumen yang membutuhkan penggantian oli/part tertentu), service visit (layanan AHASS datang mengunjungi konsumen baik di rumah maupun di kantor), reminder service (layanan pengingat konsumen untuk jadual servis berikutnya lewat SMS dan/atau telepon) serta berbagai layanan yang siap memanjakan konsumen setia sepeda motor Honda.

Manager Technical Service Astra Motor Makassar, Nindyatama, mengatakan, komitmen Honda untuk terus meningkatkan layanan purna jual menyesuaikan keadaan dan segmentasi konsumen, terus dilakukan.

”Memberikan layanan terbaik tentu didukung peran dari pemilik AHASS dan seluruh karyawan AHASS. Penghargaan Service Quality Award 2018 yang telah didapatkan, menjadi semangat kami untuk terus berkomitmen memberikan yang terbaik kepada pelanggan,” ujar Nindyatama

Untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan, Astra Motor Makassar saat ini didukung 117 bengkel AHASS dengan sekitar 459 teknisi terlatih dan berpengalaman, serta sekitar 256 jaringan suku cadang yang siap melayani pelanggan pengguna sepeda motor Honda di Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara (Sulselbartra), dan Ambon.

Service Quality Award 2018 diselenggarakan lembaga Carre–CCSL (Center for Customer Satisfaction & Loyalty) bekerja sama majalah Service Excellence. Ajang penghargaan ini diberikan setelah penyelenggara melakukan survey kepada lebih dari 3.500 responden di Indonesia.

Survei dibentuk dari 2 dimensi, yaitu Perceive Service Quality (PSQ) atau persepsi pelanggan terhadap kualitas service yang mereka nikmati dan Perceived Service Value ( PSV ) atau persepsi pelanggan mengenai kesetaraan uang atau biaya yang mereka keluarkan dibandingkan service yang mereka terima dan nikmati.

PSQ memfokuskan empat KPI utama service yang mewakili Moment of truth (MoT), yaitu service accessibility (pelanggan dapat mengakses pusat layanan), service process (prosedur dan elemen yang terkait dengan proses layanan), people (staf atau pelopor yang berinteraksi dengan pelanggan) dan service solution (kualitas penanganan pengaduan). Setelah melakukan survei, penyelenggara menetapkan sejumlah perusahaan yang berhak mendapatkan SQ Award.

Penghargaan ini dibagi dua, yaitu Diamond, perusahaan yang mempunyai Service Quality Index (SQI) di atas 4.000 dan di atas rata-rata industrinya. Sedangkan jenis Award Gold diterima perusahaan yang mempunyai SQI di atas 4.000 tetapi di bawah rata-rata industrinya atau mempunyai SQI di atas 3.500-3.999 dan di atas rata-rata industrinya. Untuk riset ini, Honda mendapat nilai 40674. Sehingga mendapatkan SQ Award 2018 kategori diamond. (mir)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top