Metro

PU Genjot proyek Jalan di 2019

MAKASSAR, BKM–Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar akan menggenjot penyelesaian infrastruktur di tahun 2019. Salah satunya proyek betonisasi dan pengaspalan.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar, Muhammad Ansar mengatakan, pada tahun 2019 mendatang anggaran yang diusulkan untuk membangun infrastruktur ini mencapai Rp170 miliar. Anggaran ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus Rp11 miliar. Dana Insentif Daerah Rp12,8 miliar dan APBD Rp146 miliar. Anggaran tersebut untuk betonisasi, pengaspalan dan pemeliharaan dan pembuatan jalan lingkungan.
Proyek jalan ini pun disinergikan dengan pembenahan sanitasi dan air bersih. Pengusulan anggaran mencapai Rp7 miliar.
“Ini berdasarkan arahan pak Wali Kota Makassar, melihat di musrenbang memang banyak sekali permintaan perbaikan jalan. Makanya kita tahun depan fokus infrastruktur,” kata Ansar.
Ia pun akan melakukan pengarahan kepada bidang jalan dan drainase agar bersinergi dengan baik. Hal ini agar tidak terjadi kesalahan dalam pengerjana proyek.
“Kita harus perhatikan baik-baik drainasenya karena tidak bisa kalau sudah dibetonisasi misalnya tetapi tidak bagus drainasenya. Bisa-bisa banjir dan jalan rusak,” terangnya.
Sementara itu, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, mengungkapkan dirinya ingin betonisasi dan pengaspalan segera dikerjakan.
“Ada beberapa yang sudah berjalan. Ini cukup kuat kalau dibeton. Ada beberapa titik jalan yang nantinya akan kita utamakan betonisasi,” ungkapnya.
Selain pembenahan jalan, Dinas PU juga mengatakan akan membangun kawasan PKL baru. Usai PKL Karebosi, Dinas PU Kota Makassar akan mulai mendesain untuk PKL di kawasan Jalan Nikel. Kawasan ini akan menampung hingga 150 Pedagang.
Ansar menambahkan, dirinya sudah menyiapkan konsep dalam pembangunan kawasa PKL ini. Pedagang akan menempati lokasi stand yang terbuat khusus dari kontainer. Satu kontainer sendiri bisa menampung dua pedagang.
Menurutnya pembuatan stan kontainer jauh lebih kuat sehingga dapat digunakan dengan waktu yang lama. Anggaran yang diusulkan untuk proyek ini mencapai Rp16 miliar.
Para pedagang nantinya berasal dari Petta Rani. Ia pun akan membenahi perparkiran agar tak terjadi kemacetan yang besar.
“Kita akan buat parkiran di dua sisi karena pasti kalaj daerah pedagang seperti ini arus jalan bisa macet. Jadi parkiran juga kita pikirkan,” jelasnya.
Sebelumnya penataan PKL dicanangkan di beberapa beberapa titik yaitu Lapangan Karebosi, jalan Hertasning, Jalan Nikel, Jalan Metro Tanjung Bunga dan Bumi Tamalanrea Permai. (nug/war/c)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top