Sulselbar

Pemkab Keciprat Pajak Rp 41 M

SOSIALISASI -- Unit Pengelola Teknis (UPT) Pendapatan Wilayah Sidrap kembali mensosialisasikan pajak daerah di Taman Wisata Puncak Bila, Kecamatan Pitu Riase.

SIDRAP, BKM — Pemprov Sulsel mengelola lima jenis pajak utnnuk menopang Pendapatan Asli Daerah (PAD) di 24 kabupaten/kota.

Kepala UPT Pendapatan Wilayah Sidrap, Fitri Ari Utami, Kamis (8/11) kemarin mengatakan
pajak kendaraan bermotor, bea balik nama kendaraan bermotor, pajak bahan bakar kendaraan bermotor, pajak air permukaan dan pajak rokok.
“Ada lima jenis pajak yang dikelola Pemrov Sulsel,” ujarnya saat sosialisasi di Taman Wisata Puncak Bila, Kecamatan Pitu Riase, Sidrap.
Namun yang menjadi primadona dari kelima jenis pajak tersebut adalah Pajak Kendaran Bermotor dimana kontribusinya terhadap total penerimaan pajak daerah adalah sebesar 34,5 persen.
“Itulah salah satu penopang PAD di Sulsel, termasuk Sidrap. Dari catatan selama lima tahun terakhir sekitar 11 persen peningkatan pajak kendaraan bermotor,” tambahnya.
Fitri menambahkan, pada 2017 lalu, Pemkab Sidrap menerima dana hasil pembagian pajak dari Pemprov Sulsel senilai Rp52 miliar.
Sementara 2018 sudah sebesar Rp 41 miliar dari hasil pajak. Dia berharap harmonisasi dan sinergitas harus terus dibangun antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten dalam upaya peningkatan pendapatan daerah guna menunjang pembangunan daerah.
Kesadaran masyarakat dalam membayar pajak akan sangat membantu dalam percepatan pembangunan daerah di Kabupaten Sidrap khususnya dan Sulsel umumnya. (ady/C)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top