Berita

Jaringan Internet 58 OPD Diintegrasikan

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Kominfo SP) Andi Hasdullah saat membuka kegiatan FGD Peranan Teknologi Informasi dalam Membangun e-Goverment

MAKASSAR, BKM — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian akan melakukan pembenahan jaringan internet di seluruh kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kepala Bidang e-Goverment dan PDE Dinas Kominfo SP, Lukmanuddin mengatakan tahun 2019 mendatang akan membangun infrastruktur jaringan fiber optik (FO) di 58 OPD. Nantinya pusat jaringan akan ditempatkan di Kantor Gubernur Sulsel.

“Jadi tahun depan belanja Internet akan disatukan di kami, tidak lagi masing-masing OPD. Ini bisa menghemat anggaran 40 persen,” katanya usai FGD Peranan Teknologi Informasi dalam Membangun Open Goverment.

Pihaknya akan menyiapkan akses internet dengan bandwidth 500 megabit per second (Mbps). Bandwidth ini akan dibagi menjadi dua bagian, 100 Mbps untuk data video seperti akses youtube dan 400 Mbps untuk akses data lainnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan melakukan upaya integrasi aplikasi yang ada di Pemprov Sulsel. Karena itu, setiap OPD yang akan membuat aplikasi harus meminta rekomendasi Dinas Kominfo SP.

Kepala Dinas Kominfo SP, Andi Hasdullah menambahkan pemanfaatan aplikasi dalam pemerintahan mendukung pelayanan ke masyarakat. Selain itu, akan menciptakan efektivitas, efisiensi, transparansi dan akuntabilitas dalam pemerintahan.

“Ini susah menjadi bagian dari program 100 hari kerja Pak Gubernur. Kita sudah membuat aplikasi Baruga Pelayanan Masyarakat untuk menerima aduan, keluhan dan aspirasi,” pungkasnya. (rahma)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top